Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 25 Feb 2022 08:16 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mantap! 5 Desa Wisata Ini Beri Pengalaman Kencan Unik Bareng Pasangan

Ilustrasi Pasangan Bertani
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Kencan romantis tak melulu harus dilakukan di restoran mewah ataupun hotel ternama. Kamu juga bisa merasakan pengalaman berbeda berkencan seru bareng pasangan dengan menjelajahi desa wisata #DiIndonesiaAja yang mencerminkan pesona #WonderfulIndonesia.

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan besar yang memiliki berbagai atraksi dan destinasi wisata seru. Tak sedikit bisa kamu temui wisata indah dan seru di Tanah Air. Misalnya desa wisata yang menyimpan berbagai wisata alam menarik di dalamnya. Ini menjadi sangat menarik untuk kamu jelajahi bersama pasangan tercinta untuk menjadi momen kencan romantis yang unik dan tetap romantis.

Berminatkah untuk berkencan dengan menjelajah desa wisata di Indonesia bersama pasangan? Berikut rekomendasi desa wisata yang bisa kamu kunjungi!

1. Desa Wisata Situ Cangkuang, Jawa Barat

Desa Wisata Situ CangkuangDesa Wisata Situ Cangkuang Foto: Indonesia.Travel

Tak ingin lokasi yang terlalu jauh dari Ibu Kota Jakarta? Ada nih desa wisata yang tak kalah menarik yaitu Desa Wisata Situ Cangkuang. Desa wisata satu ini berada di kabupaten Garut, Jawa Barat yang punya sejumlah atraksi wisata tak kalah menarik. Pasalnya kamu bisa mengunjungi dan beraktivitas di tempat-tempat wisata keren di sana, apa saja?

Bukan hanya seru, pastinya juga romantis saat kamu bersama pasangan mengunjungi Situ Cangkuang. Di sana kalian bisa naik rakit bambu ditemani suara air yang tenang dan pemandangan bukit hijau bikin kencan makin so sweet. Kemudian nikmatilah momen santai di tepi situ Cangkuang yang ikonik dan kekinian. Jangan lupa abadikan momen-momen tersebut dengan berfoto bersama pasanganmu, ya!

2. Desa Wisata Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah

Desa Wisata KarangrejoDesa Wisata Karangrejo Foto: Indonesia.Travel

Desa Wisata Karangrejo yang berada di Magelang, Jawa Tengah juga jadi salah satu rekomendasi untuk kamu kunjungi bersama pasangan. Desa ini hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Candi Borobudur. Di sana kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam dan arsitektur candi-candi bersejarah.

Rasanya akan sangat romantis saat bersama pasangan menikmati indahnya hamparan alam dan juga candi borobudur dari kejauhan. Ya, momen ini bisa kamu lakukan dari ketinggian bukit Punthuk Setumbu. Benar jika kamu menyebut ini tempat romantis antara Cinta dan Rangga di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC). Mau juga dong pastinya mengabadikan momen bersama pasangan di sana?

Jangan takut kencan dengan menjelajah wisata Indonesia akan gagal. Di Desa Wisata Karangrejo ini kamu bisa menginap di homestay kelas dunia berkonsep tradisional yang punya fasilitas super lengkap. Lalu cobalah berkeliling desa dengan mobil klasik Volkswagen atau VW.

Karangrejo juga terkenal dengan kerajinan tangan, mulai dari gerabah hingga miniatur Borobudur dari batu dan bambu. Yuk dukung #BeliKreatifLokal kerajinan tangan masyarakat Desa Wisata Karangrejo ini.

3. Desa Wisata Kampung Blekok, Situbondo, Jawa Timur

Desa Wisata Kampung BlekokDesa Wisata Kampung Blekok Foto: Indonesia.Travel

Rekomendasi selanjutnya adalah Desa Wisata Kampung Blekok yang berlokasi di Situbondo, Jawa Timur. Cocok rasanya untuk berkencan unik dan romantis bersama pasangan dengan menjauhi hiruk pikuk perkotaan.

Apa sih wisata romantis di Kampung Blekok yang cocok dinikmati bersama pasangan? Tenang, ada hutan bakau atau mangrove yang punya pemandangan indah dan memanjakan mata. Ada jembatan kayu di tepi hutan bakau ini yang bisa mengantarkanmu melihat panorama hutan bakau dan burung blekok (bangau) di sekitar kawasan. Di sana juga terdapat kafe dan spot foto instagenic yang tidak boleh dilewatkan. Menariknya lagi, kamu dan pasangan juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling kampung blekok dan berfoto dengan pemandangan dermaga panarukan yang membelah laut.

Rasanya kurang lengkap jika kamu ke Kampung Blekok tanpa melihat proses pembuatan kerajinan tangan yang merupakan kreasi warga lokal. Mulai dari alat musik, odheng yang merupakan penutup kepala khas Situbondo, hingga kerajinan kayu dan kerang. Kamu juga bisa #BeliKreatifLokal hasil-hasil kerajinan tangan di Kampung Blekok ini.

4. Desa Wisata Bonjeruk, Lombok Tengah, NTB

Desa Wisata BonjerukDesa Wisata Bonjeruk Foto: Indonesia.Travel

Menilik ke Lombok Tengah, kamu akan menemukan Desa Wisata Bonjeruk yang punya banyak daya tarik. Desa yang ditempati oleh suku Sasak ini menyuguhkan keindahan-keindahan Indonesia yang mungkin tak bisa kamu temui di perkotaan.

Jika kamu dan pasangan bosan berkencan makan malam romantis dengan suasana perkotaan, pengalaman berkencan di tengah asrinya Desa Wisata Bonjeruk juga bisa jadi pilihan untuk membuat momen spesial bersama pasangan. Sebab di sana tersedia hamparan alam indah dan sejuk disertai hamparan sawah membentang luas dengan suasana pedesaan. Suasana ini cocok untuk kamu nikmati bersama pasangan ditemani secangkir kopi sangrai khas Desa Wisata Bonjeruk.

Sebagai desa tertua di Lombok Tengah, maka tak heran di sana kamu akan banyak menemui bangunan-bangunan tua bersejarah. Salah satu yang menarik adalah bangunan bernama Gedeng Baleq dengan sebuah gapura bertuliskan 'Bondjeroek den 10 mei 1933'. Gapura ini merupakan gerbang menuju rumah bergaya art deco peninggalan Belanda.

5. Desa Wisata Liang Ndara, Manggarai Barat, NTT

Desa Wisata Liang NdaraDesa Wisata Liang Ndara Foto: Indonesia.Travel

Rekomendasi terakhir yaitu Desa Wisata Liang Ndara di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jika memilih desa ini sebagai destinasi tujuanmu, maka kamu bisa menikmati trekking ke air terjun Liang Kantor. Lokasi air terjun ini bisa ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 45 menit melewati perbukitan dan hutan yang hijau. Setibanya di sana kamu juga akan disuguhkan indahnya air terjun yang memanjakan mata.

Itulah beberapa rekomendasi desa wisata di Indonesia yang cocok jadi pilihan destinasi berkencan unik bersama pasangan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, mengatakan di masa pandemi ini kategori hotel, restoran, rumah makan, daya tarik wisata, arum jeram, hingga golf juga sudah tersertifikasi cleanliness, health, safety, environment sustainability (CHSE) dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Ini adalah bagian dari era volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) dan tentunya ini harus kita sikapi dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga dikutip dari laman Kemenparekraf, Jumat (25/2/2022).

Agar tetap aman saat menjelajahi desa wisata selama pandemi, kamu perlu ingat selalu protokol kesehatan ketat 6M. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama.

Jangan lupa juga untuk mengajak pasangan dan orang terdekat melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat sebelum pergi berlibur. Untuk mendapat informasi dan inspirasi tentang destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja lainnya, kamu bisa follow akun Instagram @pesonaid_travel dan akun TikTok @pesonaindonesiaofficial. Kamu juga bisa ikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) di laman Instagram Pesona Indonesia untuk raih hadiah jutaan rupiah dari Kemenparekraf.

(ncm/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA