Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Feb 2022 08:35 WIB

TRAVEL NEWS

5 Pantai Eksotis di Mandalika yang Cocok buat Touring Bareng Teman

Atta Kharisma
detikTravel
Kemnpar
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Selain menjadi tuan rumah untuk ajang MotoGP 2022, Mandalika juga dikenal berkat sejuta pesona eksotis yang mampu memikat mata dan menyegarkan pikiran. Keindahan Mandalika bahkan telah diakui oleh para pembalap MotoGP yang akan berlaga di Sirkuit Mandalika.

Pesona #WonderfulIndonesiayang dimiliki pantai-pantai di Mandalika juga membuatnya menjadi destinasi wisata #DiIndonesiaAja yang tepat untuk touring bersama teman, terutama buat kamu yang lagi butuh asupan vitamin sea. Sambil menjajal pengalaman touring, kamu dan teman-teman bisa menikmati keindahan bahari dari pantai-pantai yang ada di bumi Mandalika.

Tertarik untuk berkunjung? Berikut beberapa pantai yang cocok untuk kamu jadikan destinasi touring bersama teman.

1. Pantai Semeti

Kemnpar Foto: Shutterstock

Suka berpetualang? Kalau iya, maka Pantai Semeti yang berlokasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah menjadi tempat yang harus kamu kunjungi. Pantai yang viral di media sosial berkat keindahannya ini menghadirkan pemandangan kombinasi susunan tebing-tebing terjal dan bebatuan, yang berpadu dengan birunya air laut serta deburan ombak yang menggoda orang-orang untuk berkunjung ke sana.

Pantai Semeti juga memiliki pemandangan batu karang yang unik. Berbeda dengan pantai lain, batu-batu karang di Pantai Semeti tidak hanya berbentuk seperti bukit tapi juga membentuk tonggak seperti balok kristal.

Untuk sampai ke Pantai Semeti, kamu harus melewati area persawahan dan perbukitan terlebih dahulu. Sehingga, kamu akan mendapatkan pengalaman berpetualang yang tidak terlupakan.

2. Pantai Kuta

Kemnpar Foto: Shutterstock

Pantai yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini adalah pantai yang paling populer di kawasan Mandalika. Lokasinya yang hanya berjarak 31 km dari Bandara Internasional Lombok membuat Pantai Kuta menjadi tujuan wisata favorityang sering dikunjungi orang-orang.

Selain deburan ombak yang menenangkan dan pasir putih yang cantik, Pantai Kuta juga memiliki pemandangan perbukitan hijau yang memanjakan mata. Kamu juga bisa bersantai sambil menyaksikan perahu yang melintas di area tersebut.

3. Pantai Seger

Kemnpar Foto: Shutterstock

Jaraknya yang tidak jauh dari Pantai Kuta membuat Pantai Seger menjadi salah satu pantai yang paling populer di Mandalika. Pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri, karena memiliki kisah legenda terkenal dari Lombok, yaitu Legenda Putri Mandalika.

Semakin menambah atmosfer legenda tersebut, kamu pun akan melihat deretan patung yang dibangun di bagian utara pantai. Patung-patung tersebut menggambarkan kisah Putri Mandalika yang terjun ke laut untuk menghindari semua lelaki yang ingin menikahinya. Putri Mandalika dipercaya berubah menjadi cacing laut yang disebut nyale oleh masyarakat sekitar.

Selain itu, Pantai Seger juga terkenal dengan Festival Bau Nyale yang biasa diadakan pada bulan Februari dan Maret. Dalam festival ini, masyarakat dan wisatawan akan berlomba-lomba menangkap cacing laut yang kemudian akan diolah menjadi sajian tradisional Lombok. Festival juga diramaikan dengan lomba selancar, fotografi, dan pameran yang diadakan untuk menyambut kedatangan cacing laut yang diyakini sebagai jelmaan Putri Mandalika. Bagaimana, seru bukan?

4. Pantai Mawi

Kemnpar Foto: Shutterstock

Eits, jangan salah! Meski namanya tidak sepopuler Pantai Kuta ataupun Pantai Seger, Pantai Mawi adalah sebuah hidden gem yang harus dikunjungi oleh para pencinta petualangan. Pasalnya, untuk mencapai Pantai Mawi kamu harus melewati area sawah serta jalan tanah sepanjang 3 km. Namun semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan pesisir pantai putih dan perbukitan hijau yang akan membuat kamu terkagum-kagum.

Pantai Mawi pun merupakan salah satu lokasi wisata favorit para peselancar. Ini karena pantai tersebut memiliki ombak yang cukup tinggi berkat posisinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Tapi tenang saja, ombak tinggi tersebut hanya sampai di tengah-tengah pantai. Jadi, kamu masih bisa bersantai dan menikmati keindahan pesisir Pantai Mawi dengan aman.

5. Pantai Tanjung Aan

Kemnpar Foto: Shutterstock

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di area wisata Mandalika. Keindahan Pantai Tanjung Aan terutama terletak pada keajaiban dua jenis pasir yang terbentang di sepanjang pesisirnya.

Dua jenis pasir tersebut yaitu pasir putih yang halus seperti tepung, dan pasir kasar yang mirip dengan merica. Bentuk pasir tersebut konon katanya berasal dari fosil-fosil karang yang telah lama hancur. Masyarakat sekitar juga meyakini bahwa pasir di Pantai Tanjung Aan memiliki khasiat untuk kesehatan.

Pantai Tanjung Aan juga memiliki atraksi menarik lain, yaitu Bukit Merese. Buat kamu yang suka foto-foto atau menikmati keindahan alam yang tiada tara, maka pemandangan di Bukit Merese akan menjadi sesuatu yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Itu tadi sejumlah pantai eksotis yang bisa kamu jadikan tujuan touring bareng teman sekaligus healing dengan menyaksikan keindahan hamparan pasir putih dan lautan biru yang terbentang luas. Tentunya, tempat-tempat tersebut telah menerapkan Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE) dan tersertifikasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kami sendiri di parekraf meyakini bahwa protokol kesehatan bisa kita tingkatkan kepatuhan dan kedisiplinannya jika kita bisa mengintegrasikan CHSE dengan aplikasi peduli lindungi yang harus tersosialisasi dengan baik," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sebelum berlibur, pastikan juga kamu sudah memenuhi dan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Jangan lupa untuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama. Jangan lupa juga untuk melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat.

"Selain penerapan Protokol Kesehatan 3M (Mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker), testing, tracing dan treatment, vaksinasi menjadi salah satu dari tiga pilar untuk mengatasi pandemi COVID-19. Saya berharap vaksin bagi masyarakat di sektor parekraf bisa terdistribusi dengan baik," imbuh Sandiaga.

Untuk informasi dan inspirasi tentang destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja lainnya, Anda bisa follow akun Instagram @pesonaid_travel dan Tiktok @pesonaindonesiaofficial. Anda juga bisa ikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) di laman Instagram tersebut untuk raih hadiah jutaan rupiah dari Kemenparekraf.



Simak Video "Gaya Ridwan Kamil Touring Sambil Bagi-bagi Sembako-Cek Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA