Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Feb 2022 14:43 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Tempat Dinner Spesial Bareng Pasangan di Yogyakarta, Patut Dicoba!

Inkana Putri
detikTravel
Ilustrasi Destinasi Kuliner Bareng Pasangan
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Agenda kulineran jadi kegiatan yang tak boleh dilewatkan saat berlibur bareng pasangan. Apalagi, jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, destinasi #WonderfulIndonesia yang dikenal memiliki sejuta kenangan.

Yogyakarta memang punya beragam restoran unik dan menarik untuk dijajal bareng pasangan, terutama saat dinner. Mulai dari yang menyediakan menu tradisional khas Indonesia hingga restoran dengan menu western yang menggugah selera.

Berencana dinner bareng pasangan di tempat romantis? Siapkan waktu terbaik untuk coba pengalaman dinner spesial di restoran #DiIndonesiaAja yang telah menerapkan Cleanliness, Health, Safety, Environmental, Sustainability (CHSE) berikut ini.

1. Bale Raos

Ilustrasi Destinasi Kuliner Bareng PasanganFoto: Instagram/baleraosresto

Mau coba rasanya dinner romantis ala sultan? Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, karena kamu bisa rasakan di Bale Raos, yang berlokasi di area Keraton Yogyakarta.

Di sini, kamu bisa merasakan nikmatnya makan malam romantis bak raja dan ratu keraton. Area indoor Bale Raos memiliki desain yang megah layaknya keraton. Sementara area outdoor-nya didesain dengan dekorasi modern seperti rumah kaca, serta dihiasi lampu gantung nan indah.

Jika kamu ke sini, jangan lupa untuk menyantap makanan mewah nan lezatnya seperti singgang ayam. Konon, menu ini merupakan makanannya para bangsawan keraton. Pastikan juga untuk mencoba menu Bestik Djawa, hidangan favorit Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Tak hanya makanan utama, Bale Raos juga menyajikan berbagai dessert unik yang tentunya harus kamu coba, di antaranya seperti papaya lime,pudding kakao, dan rondo kepomo, yang jadi menu unggulan di sini.

2. Jejamuran

Ilustrasi Destinasi Kuliner Bareng PasanganFoto: Jejamuran.id

Belum pas rasanya ke Yogyakarta jika tak mengunjungi Jejamuran, salah satu kuliner hits-nya warga di sana. Sesuai tagline-nya 'Indonesian Mushroom Cuisine', Jejamuran menawarkan aneka menu dari jamur. Beberapa di antaranya seperti, sate jamur, jamur bakar pedas, bothok jamur, fuyunghai jamur, hingga tumis jamur.

Jejamuran juga menggunakan aneka jenis jamur mulai dari jamur shitake, jamur merang, jamur kancing, jamur tiram, jamur lingzhi dan jamur kuping. Bukan hanya itu, seluruh menu Jejamuran juga diproduksi dari kebun sendiri sehingga kualitas dan kehigienisan tetap terjaga.

Meskipun menawarkan makanan serba jamur, Jejamuran tetap bisa loh jadi tempat dinner romantis. Pasalnya, restoran yang satu ini menyajikan pemandangan yang asri dan indah. Ada pula spot foto yang instagramable buat mengabadikan momen kamu Bersama pasangan.

Biar makin kece saat foto, kamu bisa kenakan pakaian yang menarik, seperti salah satu produk lokal dari Shiroshima dan Semilir Ecoprint.

3. Nanamia Pizzeria

Ilustrasi Destinasi Kuliner Bareng PasanganFoto: Instagram/nanamiapizzeria

Mau pizza date di tempat romantis? Datang saja ke Nanamia Pizzeria! Terletak di Jl. Tirtodipuran No.1, Mantrijeron, Nanamia Pizzeria memiliki 2 pilihan area, yakni indoor dan outdoor yang nyaman.

Buat kamu yang mau menyantap pizza dengan suasana romantis, kamu bisa pilih area outdoor dengan pekarangan yang luas. Lampu-lampu taman nan cantik, serta meja kayu di area outdoor-nya pun akan makin menambah kemesraan kamu dan pasangan.

Bukan hanya suasana romantis, di sini kamu juga bisa menikmati pizza dengan rasa orisinil Italia, misalnya Frutti di Mare dan Molto Gusto. Ada pula pilihan menu lainnya mulai dari antipasti, zuppe, insalata, panini, secondi, primi piatti, italian coffee, fresh juice, lassy, smoothies, milkshake, healthy drinks, special drink, dan dolci.

Untuk kamu yang ingin mencari restoran romantis lainnya, kamu bisa lihat rekomendasinya di akun Instagram @pesonaid_travel.

4. RnB Grill Resto

Dinner romantis biasanya identik dengan makanan mewah seperti steak. Di Yogyakarta, kamu bisa mencicipinya di RnB Grill Resto.

Berlokasi di Jl. R.W. Monginsidi No.37, Karangwaru, Kec. Tegalrejo, RnB Grill Resto menawarkan steak daging dengan tulang iga yang empuk dan lezat. Ada juga berbagai macam pilihan daging steak seperti Australian beef, Japanese wagyu, hingga US beef. Selain menu steak, kamu dan pasangan bisa mencoba menu mewah lainnya mulai dari salad, burger, pasta, hingga aneka wine.

Soal tempat, tak perlu khawatir karena RnB Grill Resto memiliki tempat yang nyaman dan menarik. Sebab, RnB Grill Resto menghadirkan interior yang mengombinasikan desain kekinian dan tradisional.

Tak heran restoran yang satu ini sering dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Untuk melengkapi penampilan dinner kamu, kenakan juga koleksi lokal seperti jam dari Index atau clutch cantik milik Janedan.

5. Sri Sasanti Restaurant

Ilustrasi Destinasi Kuliner Bareng PasanganFoto: Instagram/sasanti_restaurant

Sri Sasanti Restaurant bisa dibilang salah satu surganya restoran romantis di Yogyakarta. Apalagi restoran ini juga sering dijadikan sebagai tempat wedding.

Di sini, kamu bisa merasakan candle light dinner romantis bersama pasangan, ditemani dengan aneka kuliner Indonesia yang lezat seperti sate, bebek bekakak, nasi langgi, hingga ayam betutu.

Agar momen makan malam bareng pasangan lebih romantis, kamu bisa pilih tempat duduk di outdoor. Pasalnya, Sri Sasanti Restaurant menawarkan area outdoor yang cantik dilengkapi dengan lilin-lilin, pemandangan kolam, hingga pepohonan yang rindang. Atmosfir ini tentunya bakal bikin kamu dan pasangan makin terbawa suasana.

Nah, itulah kelima rekomendasi restoran romantis di Yogyakarta. Meski tengah menghabiskan waktu romantis bareng pasangan, bukan berarti kamu boleh abai dengan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan yang terlalu padat, serta membatasi mobilitas jika tidak penting.

Jangan lupa juga untuk melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi terdekat. Hal ini sesuai yang disarankan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Melalui penerapan prokes yang baik dan vaksinasi, Sandiaga optimistis ekonomi dan pariwisata dapat kembali bangkit.

"Kami sendiri di parekraf meyakini bahwa protokol kesehatan bisa kita tingkatkan kepatuhan dan kedisiplinannya jika kita bisa mengintegrasikan CHSE dengan aplikasi peduli lindungi yang harus tersosialisasi dengan baik," kata Sandiaga.

"Vaksinasi terus kita dorong untuk dipercepat dibarengi dengan persiapan protokol kesehatan ketat dan disiplin seiring dengan pembukaan sejumlah destinasi objek wisata. Vaksin dan prokes menjadi kunci kebangkitan ekonomi kreatif dan pariwisata kita dalam ruang lingkup kebiasaan dan kenormalan baru," dia menambahkan.

Untuk kamu yang ingin cari informasi terkait destinasi wisata lain di Indonesia, follow akun Instagram @pesonaid_travel. Dan jangan lupa juga ikuti Pesona Punya Kuis (PUKIS) di laman Instagram tersebut untuk raih hadiah jutaan rupiah.



Simak Video "Kota Solo Jadi Pilot Project Wellness City di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA