Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Apr 2022 03:29 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Batu Bata Biasa, Ini Masjid As Safar di Rest Area Brebes

bonauli
detikTravel
Masjid As Safar di Rest Area KM 260B Banjaratma
Masjid As Safar di Rest Area KM 260B Banjaratma (Bonauli/detikcom)
Brebes -

Masjid yang satu ini sangat unik. Kalau dari luar kelihatan seperti tumpukan batu bata, di baliknya ternyata ada masjid yang luar biasa. Namanya Masjid As Safar.

Masjid ini terletak di Rest Area KM 260B Banjaratma di Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah. Sama seperti rest areanya yang instagrammable, masjidnya pun tak kalah unik.

Rest Area KM 260B merupakan bekas pabrik gula di era Belanda. Bangunannya yang unik membuat rest area ini menjadi salah satu daya tarik bagi pemudik yang ingin istirahat.

Masjid ini sungguh unik karena tidak memiliki kubah seperti masjid-masjid lainnya. Ternyata desainnya terinspirasi dari masjid di Timur Tengah dan nusantara.

Di Mesir dan Istanbul model masjid dari batu bata sudah ada sejak zaman kuno. Perkawinan budaya Indonesia terlihat dari penggunaan bata merah peninggalan Sunan di Jawa Barat. Di Cirebon sendiri sangat lumrah bangunan dengan pagar batu bata merah.

Masjid As Safar di Rest Area KM 260B BanjaratmaMasjid As Safar di Rest Area KM 260B Banjaratma Foto: (Bonauli/detikcom)

Hal lain yang tak terlihat dari masjid ini adalah menara di dalamnya. Ada alasan khusus mengapa masjid ini tidak menggunakan menara.

Berada di kawasan yang rentan dengan fenomena angin kumbang, peniadaan menara dilakukan. Khawatir menara roboh dan memakan korban jemaah yang sedang berada di masjid.

Meski tak seperti masjid kebanyakan, Masjid As Safar tetaplah indah. Bagian dalam masjid ini sungguh teduh dan sejuk.

Angin semilir masuk ke dalam ruang salat lewat celah batu bata. Sementara itu, kolam kecil dibuat mengelilingi masjid. Sehingga suasananya makin adem.

Kamu yang nanti mau mudik dari Brebes ke Pemalang, bisa menjadikan rest area ini sebagai salah satu tempat istirahat. Jangan lupa foto-foto, ya!



Simak Video "Wajah Baru Rest Area KM 260 yang Dulunya Bekas Pabrik Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA