Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 05 Apr 2022 13:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ngabuburit di Bandung? Ini 11 Tempat Paling Favorit

Tya Eka Yulianti
detikTravel
Kawasan Braga, Kota Bandung kembali berbenah. Kursi taman yang ada di pedestarian di Jalan tersebut diganti dengan kursi yang baru.
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Bulan suci Ramadan tiba, itu berarti hari-hari akan diisi kegiatan ngabuburit. Melakukan kegiatan untuk menunggu waktu adzan Maghrib tiba.

Di Kota Bandung, ada tempat-tempat yang populer sebagai tempat ngabuburit. Selain karena lokasinya yang luas dan bisa melakukan berbagai kegiatan seru, juga biasanya karena ada area wisata kuliner.

Jadi, sambil ngabuburit, sambil berburu takjil untuk berbuka puasa.

Di bawah ini lokasi di Kota Bandung yang bisa dijadikan tempat ngabuburit bersama teman-teman atau keluarga.

1. Lapangan Gasibu

Area di depan Gedung Sate Bandung ini kini menjadi tempat olahraga favorit warga Bandung. Setelah ditata menjadi lebih rapi dan cantik, banyak orang datang bukan hanya untuk jogging atau lari, melainkan hanya untuk cuci mata dan jalan-jalan

2. Masjid Pusdai

Sebagai pusat dakwah Islam di Jawa Barat, Masjid Pusdai yang berada di Jalan Diponegoro tak pernah sepi dari berbagai aktivitas. Apalagi saat Ramadan, sekeliling masjid ramai dengan berbagai penjual. Mulai dari makanan, pakaian dan perlengkapan rumah tangga. Jika waktu Maghrib telah tiba, warga pun berbondong masuk untuk membatalkan puasa dan salat Maghrib berjamaah.

3. Alun-alun Bandung

Selain Masjid Pusdai, masjid di Bandung yang selalu ramai adalah Masjid Raya yang berada di area Alun-alun Kota Bandung. Bak magnet, warga biasanya sudah sejak Ashar memadati area Alun-alun Bandung. Banyak yang berjualan, mulai dari makanan hingga mainan di sini.

Kabar gembira buat yang rindu bermain di rumput sitentis Taman Alun-alun Bandung. Ruang publik yang berada di pusat Kota Bandung, ini sudah kembali dibuka.Taman Alun-alun Bandung. Foto: Wisma Putra

4. Monumen Perjuangan

Jika kamu ingin ngabuburit sambil main papan luncur atau sepeda, maka kamu bisa datang ke Monumen Perjuangan Bandung di Jalan Dipati Ukur. Areanya yang luas, membuatnya jadi primadona bagi warga sekitar untuk menunggu waktu Maghrib. Tak lupa, ada banyak gerobak kuliner juga di sekelilingnya.

5. Taman Superhero

Taman yang jadi favorit anak-anak, karena memiliki berbagai arena permainan seperti perosotan, ayunan dan balok panjat. Tak perlu pusing mencari takjil untuk berbuka, karena berbagai pedagang ada di sekitar Taman Superhero ini.

6. Kiara Artha

Komplek taman yang representatif untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Di sini terdapat playground untuk anak, air mancur menari, tempat penyewaan sepeda, kebun binatang mini, berkuda dan masih banyak lagi.

Kota Bandung kini memiliki ruang publik baru bernama Taman Asia Afrika yang berdiri di area lahan Kiara Artha Park, Kiaracondong. Yuk kita lihat.Kiara Artha Park Foto: pool

7. Braga

Berjalan-jalan sambil menikmati Jalan Braga yang ikonik adalah pilihan ngabuburit yang asik. Jika sudah tiba waktu berbuka, pilih saja kafe atau restoran di sepanjang Jalan Braga.

Kawasan Braga, Kota Bandung kembali berbenah. Kursi taman yang ada di pedestarian di Jalan tersebut diganti dengan kursi yang baru.Kawasan Braga, Kota Bandung Foto: Wisma Putra

8. Teras Cikapundung

Ruang publik ini berada di bantaran Sungai Cikapundung, Babakan Siliwangi. Jembatan merah yang menjadi ikon Teras Cikapundung itu terlihat paling jelas membelah sungai. Terdapat kolam ikan dan pendopo-pendopo. Ada juga area untuk menyusuri sungai.

9. Babakan Siliwangi

Menikmati hutan di tengah kota adalah penggambaran yang pas jika kita masuk ke Babakan Siliwangi. Apalagi kini Babakan Siliwangi telah dilengkapi dengan fasilitas forest walk. Pengunjung bisa menikmati jalan-jalan di tengah hutan dengan jembatan yang membelah pepohonan.

forest walk babakan siliwangiForest Walk Babakan Siliwangi Foto: Mochamad Solehudin

10. Taman Cikapayang

Suasana khas Jalan Dago bisa dinikmati kita kita ngabuburit di Taman Cikapayang. Biasanya warga wamai datang bersama teman atau keluarga untuk sekedar menghabiskan waktu.

11. Lanud Husein Sastranegara

Meski telah ditutup oleh pihak Lanud, namun warga masih saja kerap mendatangi sisi landasan di dekat Jalan Pajajaran dalam. Biasanya yang datang untuk ngabuburit adalah kalangan keluarga yang ingin menghibur anaknya untuk melihat pesawat terbang.

---

Artikel ini telah tayang di detikJabar.



Simak Video "Ngabuburit Sambil Lihat Aksi Paralayang Motor di Pantai Mayangan Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA