Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Apr 2022 17:19 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Masjid Raya Makassar, Mulanya Dirancang Berbentuk Pesawat

Muh Ishak Agus
detikTravel
Masjid Raya Makassar. (Hermawan/detikcom)
Foto: Masjid Raya Makassar. (Hermawan/detikcom)
Makassar -

Masjid Raya Makassar merupakan ikon sejarah dan punya kisah panjang dalam pembangunannya. Masjid ini sempat dirancang berbentuk seperti pesawat.

Cerita pembangunan Masjid Raya Makassar berawal pada tahun 1945 ketika sebuah tanah lapang milik orang Belanda bernama Het Gouvememet Van Nederlansche diambil alih orang Indonesia.

"Lalu dimusyawarahkan bahwa ketua panitia pertama itu adalah Kiyai Haji Mukhtar Lutfi tahun 1947, dan dirancang bangunannya oleh (arsitek) Muh Soebardjo dan sebagai pemenang dari sayembara pembangunan masjid yang modelnya pesawat awal-awal itu," kata Imam Masjid Raya Makassar H Musakka seperti dikutip dari detikSulsel.

Secara resmi Masjid Raya Makassar mulai dibangun pada 1948 ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama. Tidak menunggu waktu lama masjid itu pun rampung dan diresmikan pada 27 Mei 1949 silam.

Setelah rampung, Masjid Raya sudah difungsikan sebagai tempat ibadah dengan fasilitas yang cukup memadai. Bahkan Presiden RI pertama Sukarno pernah berkunjung ke masjid ini pada tahun 1957 untuk menyampaikan pesan perdamaian.

"Pesannya adalah bagaimana masyarakat kita Sulsel, melakukan suatu perdamaian atau menjaga perdamaian dan ketertiban bagi bangsa Indonesia," ujar Musakka.

Presiden RI kedua Soeharto sebelum menjabat juga pernah mengunjungi Masjid Raya Makassar. Kala itu ia memberikan bantuan dana pembangunan masjid dengan nilai Rp 50 juta pada tahun 1967.

"Presiden Soeharto juga berkunjung ke Masjid Raya dan saat itu membawa bantuan untuk pembangunan masjid sebanyak Rp50 juta," ungkapnya.

Singkat cerita, setelah 30 tahun berlalu beberapa bagian masjid mulai mengalami kerusakan. Renovasi pun dilakukan pada 1978. Namun renovasi ini hanya mengganti sejumlah bagian masjid yang rusak dimakan usia.

"Karena dimakan usia dan cukup lama sekitar lebih 30 tahun jadi tahun 1978, dilakukan perbaikan dan panitia pembangunan saat itu adalah Dr Kiyai H Muhyiddin Zain. Renovasi ini tidak banyak berubah dari aslinya. Hanya mengganti yang rusak. Termasuk atap genteng," tutur Musakka.

Setelah semuanya selesai, 20 tahun berikutnya atau saat Indonesia mengalami krisis moneter pada 1998, masjid ini mengalami perombakan besar. Dari desain awalnya yang berbentuk pesawat berubah menjadi seperti sekarang.

Kemudian pada 25 Mei 2005 barulah Masjid Raya Makassar diresmikan yang mana kala itu peresmian dilakukan Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla. Desain masjid sejak saat itu pun belum pernah lagi berubah alias masih kokoh sampai saat ini.

Berita ini sudah tayang di detikSulsel. Untuk mengetahui informasi seputar Makassar dan sekitarnya, kunjungi tautan ini.



Simak Video "Kemegahan Masjid Sheikh yang Diresmikan Jokowi dan Presiden UEA"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA