Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 13 Apr 2022 18:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Di Pantai Mayangan, Menunggu Magrib Bisa Lihat Paralayang

M Rofiq
detikTravel
Paramotor di Pantai Mayangan Probolinggo
Pantai Mayangan, Kota Probolinggo (Foto: M Rofiq/detikJatim)
Jakarta -

Di Pantai Mayangan, Kota Probolinggo ini, masyarakat akan dihibur sejumlah atlet paralayang. Momen yang pas melihat manuvernya adalah saat ngabuburit.

Jadi, traveler yang ngabuburit sambil menikmati indahnya senja di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Kota Probolinggo akan menyenangkan. Di sini, masyarakat akan dihibur sejumlah atlet paralayang bermotor (paramotor) yang menampilkan kelihaiannya dalam bermanuver.

Warga yang menunggu waktu berbuka puasa, bisa leluasa melihat atlet paramotor. Mulai dari persiapan awal pemasangan tali parasut, hingga mengecek mesin motor yang digunakan untuk menerbangkan paramotor.

Ada 2 jenis paramotor yang diterbangkan di sini. Yakni jenis Foot Launch atau paramotor yang mesinnya digendong di belakang atlet. Lalu, Wheel Launch atau paramotor beroda, penerbang cukup duduk di atas kendaraan beroda, usai parasut dibentangkan di landasan, paramotor akan mengudara.

Setelah terbang ke atas, berbagai manuver dan teknik dilakukan para atlet dari Kota atau Kabupaten Probolinggo, hingga luar kota. Ajang unjuk gigi para atlet ini menjadi tontonan warga yang sedang santai menunggu azan magrib.

Paramotor di Pantai Mayangan ProbolinggoParamotor di Pantai Mayangan Probolinggo (Foto: M Rofiq/detikJatim)

Kegiatan ini digelar oleh KONI Kota Probolinggo yang didukung oleh Pemerintah Kota Probolinggo.

Salah satu warga yang tengah ngabuburit, Elly, mengaku senang dengan tontonan gratis di sore hari menunggu waktu berbuka puasa. Menurutnya, atraksi para atlet sangat luar biasa dan keren. Apa lagi mereka beterbangan di atas langit Probolinggo.

"Sangat asyik dan keren, ngabuburit sambil lihat paramotor di Pelabuhan Perikanan Mayangan Kota Probolinggo, sambil menunggu azan magrib, apalagi gratis tidak bayar," ujar Elly kepada detikJatim, Rabu (13/4/2022).

Sementara itu, atlet paramotor dari Lanud Madiun Letkol Usman Baharata Yudha, menyebut Kota Probolinggo keren karena memiliki arena berlatih atlet paramotor. Di sini, lokasi dan angin sangat mendukung untuk tempat latihan.

Usman menyebut kondisi ini mendukung pemantapan kemampuan para atlet untuk menjadi lebih baik. Apalagi dengan view yang sangat bagus. Menurutnya, hal ini perlu ditingkatkan karena bisa menjadi tempat wisata dan kemajuan hotel dan usaha di Probolinggo.

"Keren Kota Probolinggo, memiliki arena olahraga paramotor, selain itu view dan angin sangat cocok untuk bermain dan berlatih paramotor, keren! Mari warga datang untuk ngabuburit di bulan puasa, bisa bonceng ikut terbang ke atas naik paramotor, kami berharap pemerintah mendukung penuh, karena bisa memajukan wisata dan usaha di Kota Probolinggo," jelas Usman.

Sementara itu, Pemerintah Kota Probolinggo berencana akan mengembangkan olahraga paramotor ini. Apalagi saat ini sudah bermunculan atlet-atlet muda yang berusia belasan tahun.

"Perlu kita kembangkan olah raga ini, untuk menarik wisatawan nantinya dan perkembangan Kota Probolinggo, dan bisa mencetak atlet muda yang berprestasi," kata Wali Kota Probolinggo Habib Hadi.

Penasaran ingin melihat paralayang sambil ngabuburit di bulan suci Ramadan? Yuk datang ke Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo lokasinya persis berada di sisi timur pantai.



Simak Video "Antusiasme Warga Ngabuburit di JPO Pinisi Sudirman"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA