Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 15 Apr 2022 17:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Adakah Kampung Muslim di Bali? Jawabannya Ada di Sini

Tim detikcom
detikTravel
bukber megibung
Foto: Tradisi Megibung di Bali (Nandhang Astika/detikcom)
Denpasar -

Bali selama ini dikenal dengan penduduk mayoritas menganut Hindu. Lantas, adakah kampung muslim di Bali? Jawabannya tentu ada, tepatnya di Kepaon, Denpasar.

Kampung Islam Kepaon ini berlokasi di Desa Pemogan, Denpasar Selatan, Bali. Kepaon menjadi salah satu kampung muslim yang ada di Kota Denpasar, Bali.

Selain Kampung Islam Kepaon, ada beberapa kampung muslim lainnya. Di antaranya Kampung Bugis di Pulau Serangan, Denpasar Selatan, dan Kampung Jawa di Jalan Ahmad Yani, Denpasar Barat.

Istimewanya, kampung Islam Kepaon dihuni warga Bali yang akar sejarahnya dari Puri Pemecutan Denpasar. Warga di kampung Muslim Kepaon adalah warga Bali wit/wed atau Bali asli.

Bahasa sehari-hari di kampung Kepaon mengggunakan bahasa Bali. Meski berbahasa Bali, namun warga di yang tinggal di kampung Islam Kepaon tidak memakai nama Bali seperti Putu, Wayan, Ketut seperti kampung Islam yang ada di Pegayaman Singaraja.

Sedangkan terkait asal usul, kampung Islam Kepaon merupakan lokasi kedua, dimana warga Kampung Islam Kepaon sebelumnya bertempat tinggal di Badung.

Jro Mangku Made Puger, juru kunci Makam Keramat Agung Siti Kotidjah mengatakan, keberadaan atau asal usul Kampung Islam Kepaon masih memiliki kaitan dengan Puri Pemecutan.

Dulunya, menurut Jro Mangku Made Puger, sebanyak 40 pengawal dan pengiring Raden Ayu Siti Khotijah dari Bangkalan, Madura diberikan tempat tinggal di dua wilayah di Denpasar. Dua wilayah itu kini dikenal sebagai Kampung Islam Kepaon dan Kampung Jawa di Jalan Ahmad Yani, Denpasar.

Lanjutnya, meski jadi penduduk minoritas di Bali, di dua kampung di Denpasar ini selain disegani, juga dikenal sebagai kampung yang menjunjung toleransi tinggi dengan hidup berdampingan satu sama lain kendati berbeda keyakinan.


---

Artikel ini sudah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Tari Kecak Uluwatu Bali yang Sarat dengan Filosofi Mistis"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA