Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Apr 2022 09:18 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 2 Ikon Jember yang Tiketnya Gratis Saat Libur Lebaran

bonauli
detikTravel
Pantai cantik di Jember
Pantai Papuma (Saepulloh/d'Traveler)
Jember -

Saat mudik ke Jember, ada dua ikon yang sayang jika dilewatkan. Dua ikon ini adalah pantai yang keindahannya sudah tersohor ke mana-mana.

Sekda Jember Mirfano menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak perhutani, Polri dan TNI. Dalam hasil rapatnya, ada dua ikon jember yang gratis uang masuk saat libur lebaran.

"Pemkab Jember mengambil kebijakan tersebut untuk menghapus persepsi negatif yang menyebutkan bahwa Pantai Watu Ulo dan Papuma menjadi wisata lokasi wisata termahal di Jatim," katanya dikutip dari ANTARA.

Dirangkum detikTravel, inilah dua ikon Jember:

1. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo, JemberPantai Watu Ulo, Jember Foto: Yakub Mulyono/detikcom

Wisata pantai ini berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu. Jaraknya, sekitar 30 km arah selaran pusat kota Jember.

Pada hari libur, apalagi long weekend, Pantai Watu Ulo selalu ramai. Pengunjungnya datang dari Jember dan luar kota Jember.

Fasilitas umum yang ada di Pantai Watu Ulo boleh dibilang cukup lengkap. Mulai dari musala hingga kamar mandi.

Di tepi pantai, banyak warung berjajar menyediakan berbagai macam makanan dan minuman. Pengelola warung juga menyediakan kursi-kursi di tepi pantai. Tak ketinggalan dengan payung untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari langsung.

Pantai Watu Ulo sering juga sebut Kuta atau Jimbarannya Jember.

2. Pantai Papuma

pantaiPantai Papuma Jember Foto: (Basri Bachtiar/d'Traveler)

Pantai Tanjung Papuma terletak di desa Lojejer, Wuluhan, sekitar 45 menit dari pusat Kabupaten Jember.

Pantai Papuma merupakan singkatan dari "Pasir Putih Malikan". Dikutip dari laman Perhutani, kata "Tanjung" disematkan dalam nama Pantai Papuma untuk menandakan posisi Pantai Papuma yang menjorok ke laut, tepatnya ke arah barat daya.

Menjadi ikon dari Jember, Pantai Papuma juga dijuluki sebagai Raja Ampat dari Jember. Yang membuat unik, pantai ini menjadi gabungan antara hutan dan pantai.

Pantai Papuma merupakan bagian dari Wana Wisata (WW) Tanjung Papuma. Tanjung seluas 77,20 ha ini terdiri dari area hutan alam dan pantainya. Area hutan di Tanjung Papuma melindungi flora dan fauna khas tropis. Sementara itu, area pantai dibingkai permukaan air laut berwarna hijau kebiruan.

Bukit Siti Hinggil merupakan salah satu spot untuk melihat panorama Pantai Papuma. Pemandangan dari Bukit Siti Hinggil meliputi lautan lepas dan batu karang di barat dan Pulau Nusa Barung yang berjarak sekitar 4 jam dengan perahu.

Tak hanya itu, daerah Pantai Papuma juga menyimpan sejarah Indonesia di situs Goa Jepang. Goa yang menyerupai benteng ini merupakan tempat pertahanan pada masa Perang Dunia II dan pengintaian tentara Jepang ke arah laut selatan. Untuk mencapai goa yang yang berada di ketinggian 100 meter dari permukaan laut, tersebut, kamu perlu melewati kawasan hutan jati di sekitar.



Simak Video "Pemerintah Tetapkan Cuti Bersama Lebaran 29 April dan 4-6 Mei 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA