Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Apr 2022 18:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kisah Ajaib Gerabah Masjid Sunan Kalijaga, Sempat Hilang dan Balik Lagi

Masjid Sunan Kalijaga di Pedukuhan Blimbing, Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang.
Foto: Mustaka Gerabah di Masjid Sunan Kalijaga (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Kabupaten Gunungkidul punya banyak masjid bersejarah, salah satunya Masjid Sunan Kalijaga. Masjid ini punya mustaka dari gerabah yang ajaib. Bagaimana kisahnya?

Masjid Sunan Kalijaga ini berlokasi di Pedukuhan Blimbing, RT 03 RW 05, Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang, Gunungkidul. Masjid bersejarah ini terbilang unik karena memiliki mustaka dari gerabah.

Bagian mustaka masjid itu juga berbeda dari masjid pada umumnya yang berbentuk bulan sabit dan bintang. Bahannya juga dari gerabah dan sudah ada sejak masjid berdiri.

"Dari cerita simbah, itu dari awal berdirinya masjid ini ya itu mustakanya. Mustaka itu dari gerabah, tanah liat," kata Pamong Kalurahan Girisekar, Nanang Rudi.

Mustaka masjid itu punya cerita tersendiri. Di zaman penjajahan, mustaka itu sempat hilang, namun akhirnya kembali lagi.

"Dulu mustaka itu pernah hilang saat zaman penjajahan. Tapi tiba-tiba ada penjual keliling bawa mustaka, sama dengan sebelumnya (yang hilang), karena itu salah satu sesepuh mau membelinya," ucapnya.

Namun, saat sesepuh itu kembali setelah mengambil uang di rumah, penjualnya sudah pergi meninggalkan mustaka gerabahnya.

Masjid Sunan Kalijaga pernah mengalami pemugaran. Masjid kuno itu dulu sempat terbakar dan dibangun lagi hingga akhirnya berbentuk seperti sekarang. Meski demikian, bentuk masjid itu diyakini masih sama seperti dengan aslinya.

Masjid tersebut dulu luasnya 3 x 3 meter, berdinding bambu dan berlantai tanah. Bangunan masjid itu agak menjulang dengan ketinggian sekitar 1,5 meter. Kini, bangunan masjid itu luasnya sekitar 9 x 15 meter.

---

Artikel ini telah naik di detikJateng dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Menengok Masjid Bersejarah di Angke, Bekas Markas Rahasia Lawan Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA