Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 05 Mei 2022 13:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mudik ke Blitar, Wisata Healingnya di Rambut Monte

Erliana Riady
detikTravel
Suasana adem dan asri bisa dinikmati di wisata Rambut Monte. Lokasi ini cocok untuk healing di sela penatnya perjalanan mudik Anda.
Rambut Monte (Erliana Riady/detikJatim)
Blitar -

Obyek wisata alam nan tenang dan asri kini populer sebagai tempat healing. Blitar sendiri punya tempat wisata healing yang keren banget buat foto-foto.

Namanya Rambut Monte, alamatnya di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Dari Kota Blitar, perjalanan memakan waktu sekitar satu jam dengan jarak 37 KM ke arah timur, lalu ke utara.

Akses menuju lokasi alam ini melewati jalan berliku dan menanjak di lereng Kawi. Memasuki Desa Krisik, hawa segar dan adem akan terasa.

Di dinding gerbang Rambut Monte tertulis beberapa larangan bagi pengunjung. Di antaranya dilarang masuk ke kolam besar karena dasar kolam mengandung pasir hitam penghisap.

Suasana adem dan asri bisa dinikmati di wisata Rambut Monte. Lokasi ini cocok untuk healing di sela penatnya perjalanan mudik Anda.Suasana adem dan asri bisa dinikmati di wisata Rambut Monte. Lokasi ini cocok untuk healing di sela penatnya perjalanan mudik Anda. Foto: Erliana Riady/detikJatim

Kedua, dilarang menangkap dan memakan ikan cengkareng yang hidup di kolam. Karena ikan itu diyakini penduduk sekitar merupakan ikan dewa jelmaan penunggu situs Rambut Monte. Jika ditangkap atau dimakan, maka konon nyawa melayang. Ketiga, dilarang berbuat mesum bagi pasangan belum sah. Karena ada kutukan, pasangan akan berpisah jika melanggar larangan ini.

Tangga berundak menurun akan membawa pengunjung ke sumber Rambut Monte. Desiran angin pegunungan yang segar segera menyapa, disela nyanyian burung dan monyet yang sesekali menampakkan diri ke para pengunjung.

Gemericik air sumber yang mengalir ke sungai, warna jernih air yang biru kehijauan di sumber, menciptakan suasana tenang nan menghanyutkan. Saking beningnya air, pengunjung bisa melihat gerak tari ikan cengkareng yang hidup bebas di dalam kolam besar itu.

Suasana adem dan asri bisa dinikmati di wisata Rambut Monte. Lokasi ini cocok untuk healing di sela penatnya perjalanan mudik Anda.Suasana adem dan asri bisa dinikmati di wisata Rambut Monte. Lokasi ini cocok untuk healing di sela penatnya perjalanan mudik Anda. Foto: Erliana Riady/detikJatim

"Suasananya tenang, hawanya segar agak dingin. Melihat ikan bergerak ke sana kemari di air yang sangat jernih ini, rasanya capek perjalanan mudik seketika hilang. Lokasi yang tepat untuk healing. Sebelum kembali balik kerja," kata Edo, pemudik dari Jakarta, Kamis (5/5/2022).

Pokdarwis di desa ini menarik tarif parkir sekaligus masuk lokasi wisata Rp 10 ribu per orang.

***

Baca berita selengkapnya di sini.



Simak Video "Pasutri di Blitar Menganiaya Balita hingga Luka Sekujur Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA