Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Apr 2022 16:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ngabuburit di Alun-alun Blitar Murah Sih, tapi Parkirnya Mahal

Erliana Riady
detikTravel
Pasar takjil di sekitar Alun-alun Kota Blitar ramai pengunjung karena jajanannya murah. Sayang biaya parkirnya mahal.
Foto: Alun-alun Blitar (Erliana Riady/detikjatim)
Blitar -

Pemkot Blitar menggelar pasar takjil di pusat kota di sekitar Alun-alun. Harganya murah-murah, yang mahal cuma biaya parkirnya. Warga pun mengeluh!

Alun-alun Blitar jadi destinasi ngabuburit favorit warga. Harga jajanan di sana memang murah. Sayangnya biaya parkirnya mahal.

Kondisi ini membuat sisi selatan, utara, dan barat Alun-alun Kota Blitar sarat kendaraan parkir. Situasi ini rupanya dimanfaatkan beberapa orang untuk menarik parkir secara liar. Dari pantauan di lapangan, mereka memberikan karcis parkir tidak resmi dan menarik tarif Rp 5.000 per kendaraan.

"Sama saja mobil sama motor. Kalau mau helmnya aman, ya, Rp 5.000," kata seorang tukang parkir di depan Masjid Agung sambil menyodorkan karcis.

Hal ini dikeluhkan beberapa warga yang datang dari dalam kota maupun dari luar Kota Blitar. Menurut mereka, ngabuburit di Blitar itu makanannya murah hanya saja yang mahal justru ongkos parkirnya.

"Saya dari Sidoarjo. Ini ngabuburit naik motor sama keponakan. Masa sekali parkir motor ditarik Rp 5.000 depan masjid. Sudah begitu kami geser beli kolak di utara alun-alun, ditarik parkir Rp 2.000 tanpa karcis. Pindah lokasi, halah enggak sampai 100 meter, ditarik parkir lagi Rp 2.000," keluh Natalia warga Sidoarjo.

Kepala Dishub Pemkot Blitar Juari menegaskan, warga yang ditarik tukang parkir liar tanpa karcis resmi berhak untuk menolak. Bahkan mereka bisa melaporkan aksi tukang parkir liar ini ke call center 112.

"Warga berhak menolak dan laporkan ke 112. Petugas parkir resmi kami selalu memakai seragam. Mereka juga diberi karcis parkir resmi. Selain mereka, tolak saja," jawab Juari.

---

Artikel ini telah naik di detikJatim dan bisa dibaca selengkapnya di sini.



Simak Video "Ngabuburit Sambil Lihat Aksi Paralayang Motor di Pantai Mayangan Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA