Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Mei 2022 14:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Air Terjun Tersembunyi di Grobogan, Harus Jelajah!

Air Terjun Mbengkat Indah di Grobogan, Jateng
Air Terjun Mbengkat Indah di Grobogan, Jateng ( Foto: Manik Priyo Prabowo/detikTravel)
Grobogan -

Di Jawa Tengah, objek wisata air terjun tak hanya 'berkumpul' di kaki Gunung Lawu wilayah Kabupaten Karanganyar. Bagi pecinta objek wisata alam, terutama yang masih tersembunyi atau kini populer disebut hidden gems, silakan sesekali menjelajahi Kabupaten Grobogan.

Berikut ini 4 objek wisata air terjun di Grobogan, kabupaten yang dikenal dengan semboyan Bersemi alias Bersih, Sehat, Mantap, dan Indah.

1. Air Terjun Mbengkat Indah atau Taruman

Air terjun di Desa Taruman, Kecamatan Klambu, ini layak menjadi buruan traveler lantaran belum banyak dikunjungi. Alamnya masih asri. Untuk menuju ke air terjun ini, pengunjung harus menuruni lereng bukit curam yang sudah dilengkapi anak tangga beton dengan pegangan dari bambu.

Air Terjunnya Mbengkat Indah ada dua tingkat dengan ketinggian sekitar 4-5 meter. Airnya jernih, bersih, dan tidak bau. Saat ini, Air Terjun Mbengkat Indah jauh lebih menarik untuk dikunjungi karena sudah tidak banyak ranting pepohonan yang menganggu pemandangan.

Air Terjun Mbengkat Indah di Grobogan, JatengAir Terjun Mbengkat Indah di Grobogan, Jateng Foto: Manik Priyo Prabowo/detikTravel

2. Air Terjun Watu Ondo

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki dinding batu alami yang bentuknya unik menyerupai susunan anak tangga atau ondo dalam Bahasa Jawa. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, hanya berkisar 3-4 meter saja. Namun, air terjun ini terbilang lebar atau memanjang.

Belum banyak wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Watu Ondo karena lokasinya cukup jauh dari pusat kota Grobogan. Air Terjun Watu Ondo berada di area hutan perhutani KPH Purwodadi, tepatnya di Desa Lebak, Kecamatan Grobogan, yang berbatasan dengan Kabupaten Pati.

[Gambas:Instagram]



3. Air Terjun Widuri

Air terjun Widuri berada di wilayah Desa Dokoro, Kecamatan Wirosari. Air terjun ini bisa dibilang yang tertinggi di Grobogan, yaitu mencapai sekitar 10 meter dan lebarnya sekitar 3 meter. Berada di kawasan hutan yang kaya akan sumber air semakin menambah elok pemandangan di objek wisata ini.

4. Grojogan Kinasih

Meski kalah tinggi jika dibandingkan dengan air terjun lainnya di Grobogan, Grojokan Kinasih punya daya tarik tersendiri. Di sini, pengunjung akan menemukan banyak sisi batu yang memperlihatkan aliran air berbelok-belok seperti memiliki jalur khusus.

Itulah sebabnya air terjun berketinggian sekitar enam meter ini disebut grojogan. Setidaknya ada empat grojogan di situ dengan lebar rata-rata sekitar meter.

Berada di Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari, air terjun ini terbilang sudah banyak dikunjungi wisatawan. Meski demikian, jangan ragu untuk menyaksikan keindahan alamnya.

---

Artikel ini telah tayang di detikJateng. Baca selengkapnya di sini.



Simak Video "Momen Gibran Temui Crazy Rich Grobogan yang Bangun Jalan Rp 2,8 M"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA