Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Jun 2022 19:41 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Dia Sosok di Balik Keunikan Wayang Golek di Jalan Braga

Ramdan Kosasih penjual wayang golek di Jalan Braga
Foto: Anindyadevi Aurellia/detikJabar
Bandung -

Jalanan di Braga di Bandung, Jawa Barat memiliki sejuta pesona. Tidak cuma nuansa masa lalu, karya seniman juga menjadi daya tarik, salah satunya wayang golek.

Salah seorang pria paruh baya cukup menarik perhatian. Ia duduk tenang menjajakan dagangan wayang golek miliknya, sambil sesekali melambaikan tangan pada pejalan kaki.

Ialah Ramdan Kosasih, yang berjualan wayang golek. Dia meneruskan usaha mendiang ayahnya. Rumahnya tak jauh dari Braga, ia naik motor untuk membawa tiga kotak besar puluhan wayang dan patung miliknya.

Ramdan Kosasih penjual wayang golek di Jalan BragaRamdan Kosasih penjual wayang golek di Jalan Braga, Bandung (Anindyadevi Aurellia/detikcom)

"Ini sudah generasi ketiga, sebelumnya ayah saya kemudian kakak saya. Keduanya sudah meninggal, saya yang memutuskan untuk berjualan. Saya sudah capek berkelana," ujar Ramdan pada detikcom, Kamis (2/6/2022).

Ramdan bercerita sebelum berjualan wayang golek, masa mudanya dihabiskan sebagai seorang pemandu wisata. Ia mengaku dahulu adalah salah satu anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bandung.

"Dulu sampai ke Yogyakarta, Banyuwangi, Bali, pokoknya berkeliling sampai luar pulau. Kadang kangen juga dulu bisa sampai mana-mana. Udah lupa itu tahun berapa ya? Saya juga sudah lama jualan disini," pria 63 tahun itu mengenang sambil melambaikan tangan pada rombongan penumpang bus bandros yang lewat menyapa.

***

Artikel ini juga tayang di detikJabar, klik di sini.



Simak Video "Aksi Foto Selfie, Tak Akan Melewatkan Nuansa Unik Cafe di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA