Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Jun 2022 21:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Fosil Kayu Ini Dipercaya Lebih Tua dari Pulau Sumatra

Fosil Araucarioxylon
Foto: Fosil Araucarioxylon (dok. Geopark Merangin)
Merangin -

Geopark Merangin di Jambi menyimpan banyak keajaiban alam untuk dilihat traveler. Salah satunya adalah fosil kayu yang usianya lebih tua daripada pulau Sumatra.

Dari sekian banyak geopark di Indonesia, Geopark Merangin punya keunikan tersendiri. Di sini banyak tersimpan fosil-fosil, baik itu flora (tumbuhan) maupun fauna (hewan) yang usianya diperkirakan sudah ratusan juta tahun.

Salah satunya adalah fosil kayu Araucarioxylon yang diperkirakan usianya 290 hingga 300 juta tahun yang lalu. Fosil kayu itu berusia lebih tua dari pulau Sumatra. Pulau Sumatra sendiri diperkirakan hanya 150 juta tahun.

Fosil Araucarioxylon ini bisa traveler temukan di daerah Teluk Gedang. Ukurannya kurang lebih setinggi 2,4 meter dari akar, dan memiliki diameter sekitar 1,6 meter.

Fosil AraucarioxylonFosil kerang Foto: (dok. Geopark Merangin)

Tidak jauh dari fosil pohon ini terdapat kumpulan fosil kerang yang secara jelas tertanam pada lapisan dari batuan sedimen berwarna abu-abu.

Yang menariknya lagi, untuk bisa melihat fosil ini traveler harus rafting terlebih dahulu alias berarung jeram meniti sungai karena letak fosil ini memang berada di tepi sungai.

"Fosil Araucarioxylon itu merupakan ikonnya Merangin. Usianya kurang lebih mencapai 300 juta tahun yang lalu," jelas Rozan Saputra, Ketua Pokdarwis Air Batu River kepada detikTravel.

Rozan biasa membawa turis asing maupun lokal untuk rafting sambil melihat fosil yang konon lebih tua dari pulau Sumatra itu.

Dari titik start di desa Air Batu, perjalanan untuk melihat fosil ini hanya sekitar 7 kilometer. Soal keamanan, traveler tidak perlu khawatir karena selama rafting akan dipandu oleh pemandu profesional dan berpengalaman.

Selain fosil kayu Araucarioxylon, masih banyak lagi yang bisa traveler lihat di Geopark Merangin. Simak terus penjelajahan detikTravel di geopark ini ya!



Simak Video "Mengeksplorasi Geopark Merangin di Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA