Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 16 Jun 2022 12:26 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Spot Wisata Olahraga di Indonesia buat Segarkan Tubuh & Pikiran

Atta Kharisma
detikTravel
Ilustrasi Tempat Wisata Indonesia
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Rutinitas yang padat memang kerap membuat pikiran menjadi penat dan memancing keinginan untuk segera liburan. Kendati demikian, kamu tetap tidak boleh abai dengan kondisi kesehatan meski sedang berlibur.

Untungnya, ada banyak spot wisata #DiIndonesiaAja yang menawarkan berbagai kegiatan seru dan patut dicoba untuk menyegarkan badan serta pikiran.

Penasaran destinasi wisata terbaik untuk menikmati keindahan alam Indonesia sambil menyegarkan pikiran serta menjaga kebugaran tubuh? Yuk, simak tempat-tempat wisata berikut ini!

1. Kayak di Sekitaran Danau Toba

Ilustrasi Tempat Wisata IndonesiaFoto: Dok. Shutterstock

Tak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, Danau Toba juga menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi untuk kamu yang ingin berolahraga. Salah satu aktivitas seru yang dapat kamu lakukan di sini adalah dengan bermain kayak.

Tidak hanya menyehatkan, kamu juga bisa menjelajahi eksotisme Danau Toba sambil menikmati udara sejuk dan air danau yang jernih. Cocok bagi kamu yang ingin lepas dari rasa stres dan refreshing pikiran.

2. Bersepeda di Candi Prambanan

Ilustrasi Tempat Wisata IndonesiaFoto: Dok. Shutterstock

Punya hobi main sepeda? Kalau begitu Candi Prambanan adalah spot wisata yang harus kamu kunjungi. Pasalnya, destinasi wisata bersejarah ini memiliki rute bersepeda yang cukup mengasyikkan loh.

Area kompleks Candi Prambanan memiliki rute bersepeda yang dikelilingi pepohonan rindang. Tak hanya itu, udaranya pun masih sangat sejuk. Pokoknya bike-lovers nggak boleh sampai melewatkan kesempatan bersepeda di Candi Prambanan ini deh.

3. Diving di Wakatobi

Ilustrasi Tempat Wisata IndonesiaFoto: Dok. Shutterstock

Kamu yang punya hobi menyelam tentunya sudah tidak asing lagi dengan Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko atau yang lebih dikenal dengan nama Wakatobi.

Tempat ini merupakan surga bagi para penyelam dari berbagai penjuru dunia. Keindahan alam bawah lautnya akan membuat kamu semakin bersemangat menyelam dan berlama-lama di bawah air.

Halaman Selanjutnya: Sea Walking di Bali

4. Sea Walking di Bali

Ilustrasi Tempat Wisata IndonesiaFoto: Dok. Shutterstock

Siapa bilang Bali hanya memiliki pantai yang indah? Di Pulau Dewata, kamu juga bisa menikmati keindahan bawah laut melalui aktivitas sea walking.

Aktivitas ini dijamin akan membuat kamu terkesima. Selama menikmati sea walking, kamu dapat merasakan sensasi berjalan di dasar laut sembari mengamati ekosistem bawah air yang cantik dan memukau. Sea walking juga tidak membutuhkan kemampuan khusus seperti diving atau snorkling, jadi kamu tidak perlu khawatir ya!

5. Trekking di Gunung Rinjani

Ilustrasi Tempat Wisata IndonesiaFoto: Dok. Shutterstock

Bosan liburan di pantai? kamu bisa trekking ke berbagai pegunungan eksotis yang ada di Indonesia, misalnya Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Trekking di Gunung Rinjani memang menjadi aktivitas liburan yang cukup menantang, tapi semua usaha dan jerih payah kamu akan terbayarkan dengan pemandangan alam hijau tanpa batas yang spektakuler.

Itu tadi sejumlah rekomendasi wisata olahraga bagi kamu yang ingin menyegarkan badan sekaligus pikiran agar dapat kembali bersemangat menjalani rutinitas pasca liburan. Tapi sebelum berlibur ke destinasi wisata di atas, pastikan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan berupa memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, serta menghindari makan bersama (6M).

Seluruh destinasi wisata tadi tentunya sudah menerapkan standar CHSE (Cleanliness, Health, Sustainability, dan Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Jadi, kamu bisa fokus refreshing badan dan pikiran dengan tenang, nyaman dan aman.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno juga meminta kepada masyarakat untuk dapat mengikuti arahan protokol kesehatan dari pemerintah guna menjaga keberlangsungan pariwisata Indonesia

"Saya sampaikan selalu kita harus menjaga momentum kebangkitan ini dengan memastikan kewaspadaan kita sesuai arahan pemerintah bagaimana varian baru ini harus kita sikapi agar pandemi tetap terkendali," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (16/6/2022).

Ayo, bantu juga para pelaku ekonomi kreatif lokal dengan #BeliKreatifLokal seperti kuliner maupun hasil kerajinan tangan. Untuk informasi dan inspirasi terkait destinasi wisata #DiIndonesiaAja lainnya, kamu bisa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia. Ikuti juga Pesona Punya Kuis (PUKIS) di laman Instagram tersebut untuk meraih hadiah jutaan rupiah dari Kemenparekraf.

(akd/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA