Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 02 Jul 2022 17:52 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Cari Ayam Betutu Halal di Bali? Datang Saja ke Men Tempeh 1978

Putu Intan
detikTravel
Men Tempeh 1978: Ayam Betutu Gilimanuk Legendaris yang Nendang Pedasnya
Ayam betutu. Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO
Gilimanuk -

Liburan ke Bali tak lengkap bila tak menyantap kuliner khasnya. Ayam Betutu Men Tempeh 1978 cocok disantap. Selain sedap, ayam betutu ini juga halal.

Ayam Betutu Men Tempeh 1978 merupakan kuliner legendaris dari Pulau Dewata. Lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Gilimanuk, tepatnya di Terminal Lama Gilimanuk, Jembrana.

Tak sulit menemukan rumah makan ini. Tempatnya begitu mencolok dengan tulisan Men Tempeh pada atapnya. Kemudian yang juga ikonik dari rumah makan ini adalah patung sang pemilik resep legendaris yakni Men Tempeh itu sendiri.

Begitu memasuki rumah makan, traveler akan disuguhkan ruangan yang luas. Ada banyak bangku dan meja sehingga tak perlu khawatir akan kehabisan tempat.

Rumah makan ini juga dilengkapi toilet yang bersih. Tak lupa, ada juga musala di sana sehingga traveler muslim dapat beribadah dengan nyaman.

Men Tempeh 1978: Ayam Betutu Gilimanuk Legendaris yang Nendang PedasnyaAyam betutu Men Tempeh 1978. Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO

Perut sudah keroncongan, saatnya memesan menu ayam betutu. Ada dua pilihan ayam betutu di sini yaitu ayam betutu original dan ayam betutu goreng.

Untuk pilihan porsinya, traveler dapat membeli yang ukuran 1/4 ekor, 1/2 ekor, dan 1 ekor. Ayam yang digunakan jenis ayam kampung sehingga ukurannya tak terlalu besar.

Bila traveler datang bersama keluarga atau grup, lebih baik memesan paket. Dengan membayar Rp 114 ribu, traveler akan mendapatkan 1 ekor ayam betutu, 1 porsi sayur, sambal, tahu dan tempe, sate ati ampela goreng, serta 1 bakul nasi. Porsi ini cukup untuk 4 orang.

Soal rasa tak perlu diragukan. Ayam betutu dimasak dengan bumbu khas Bali yang kaya rempah-rempah dan dagingnya juga empuk. Bagi pecinta pedas, dapat menambahkan sambal karena rasa ayam betutunya sendiri tak terlalu pedas.

Tak sabar mencicipi kuliner ini, traveler dapat datang ke Ayam Betutu Men Tempeh 1978 yang buka setiap hari mulai pukul 07.00 - 21.30 WITA.



Simak Video "Air Terjun Tibu Sampi, Rekomendasi Tempat Healing di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA