Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 29 Jul 2022 13:35 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan di Semarang Anti Gerah, Mampir yuk ke Wisata Bandungan

Putu Intan
detikTravel
Ayanaz Gedongsongo, Semarang
Ayanaz Gedongsongo. Foto: Olivia Andita O/d'Traveler
Jakarta -

Jalan-jalan ke Semarang, traveler dapat melipir ke daerah Bandungan. Di sana, ada banyak tempat wisata alam dan sejarah yang cocok untuk liburan.

Bila mendengar nama Semarang, mungkin bakal terbayang area perkotaan dengan cuaca yang panas. Namun tahukah kamu, Semarang juga punya kabupaten yang lokasinya berada di dataran tinggi?

Nah, salah satu lokasi wisata di Kabupaten Semarang ini adalah Bandungan. Posisinya berada di lereng Gunung Ungaran atau sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Semarang.

Lantas, apa saja tempat wisata yang dapat dikunjungi di Bandungan?

1. Alun-alun Bandungan

Mampir ke Bandungan, sempatkan untuk nongkrong ke Alun-Alun Bandungan. Di sana, traveler dapat menikmati keindahan pemandangan danau alam bernama Rawa Pening.

Selain itu, traveler juga dapat menikmati wisata kuliner. Bila ingin berolahraga atau sekadar duduk santai juga dapat dilakukan di sana.

2. Taman Bunga Celosia

Tempat wisata ini termasuk yang paling hits di Bandungan. Taman Bunga Celosia menjadi rumah bagi berbagai jenis bunga termasuk lavender dan krisan.

Selain melihat bunga-bunga cantik, traveler juga dapat berfoto di spot-spot Instagramable. Kemudian bila sudah lapar, traveler dapat mengisi perut di Cafe Garden Celosia.

3. Umbul Sidomukti

Umbul SidomuktiUmbul Sidomukti. Foto: Geandre Destrian/d'Traveler

Mau main air di Bandungan? Bisa traveler lakukan di Umbul Sidomukti.

Umbul Sidomukti merupakan kolam renang yang airnya langsung berasal dari Gunung Ungaran. Dijamin, airnya segar banget!

4. Candi Gedongsongo

Peserta menyiapkan sesaji berupa bunga tabur dan dupa saat mengikuti acara Seribu Sesaji dan Dupa di area pelataran Candi Gedongsongo, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (1/2/2022). Kegiatan yang diselenggarakan masyarakat adat Gedongsongo itu untuk melestarikan budaya Nusantara sekaligus sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME. ANTARA FOTO/ Aji Styawan/aww.ANTARA FOTO/ Aji Styawan/aww. Foto: ANTARA FOTO/AJI STYAWAN

Bandungan juga menjadi rumah bagi candi Hindu yang disebut Candi Gedong Songo. Candi ini berada di dataran tinggi karena dipercaya menjadi tempat bersemayamnya para dewa.

5. Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz GedongsongoAyanaz Gedongsongo. Foto: (Ayanaz Gedongsongo/instagram)

Ayanaz Gedongsongo cocok dikunjungi traveler yang ingin berburu foto Instagramable. Tempat wisata ini dikenal dengan wahana balon udara berwarna-warni. Selain itu, ada spot foto seperti kolam dan replika perahu.



Simak Video "Penemuan Potongan Sepasang Tangan di Sungai Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA