Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 27 Agu 2022 19:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Indahnya Alam Anambas, Turis Asing Pun Sampai Terpesona

Teras Kapal BRI berlabuh di Desa Telaga Kecil di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Senin (1/8/2022). Sebagai kepulauan terluar, Anambas seperti nirwana di perbatasan Laut China Selatan karena memiliki 255 pulau.
Foto: Rafida Fauzia
Kepulauan Anambas -

Anambas merupakan salah satu kepulauan eksotis di ujung Indonesia yang dikaruniai alam nan cantik dan menawan. Pesona alam pulau ini bisa dilihat dari lautnya yang berwarna biru dan jernih dengan pasir putih yang menghampar di sepanjang pantai.

Tidak heran bila Anambas kerap dijuluki surga kecil di perbatasan Indonesia. Bahkan kepulauan yang terletak di Kepulauan Riau ini pernah mendapat peringkat pertama sebagai pulau tropis terindah di Asia versi CNN.com. Keelokan pantai tropisnya disebut sebagai yang terbaik, menandingi Raja Ampat dan Maldives.

Keindahan wisata bahari Anambas menjadi daya tarik tersendiri, tak hanya bagi wisatawan lokal, tapi juga turis asing dari berbagai negara. Carol Klark (64 th) salah satunya. Carol mengaku terpikat dengan pesona laut di Kepulauan Anambas, sehingga rela menempuh perjalanan jauh dari Selandia Baru bersama sang suami hanya untuk mengunjungi Anambas.

"Air di sini juga sangat jernih. Kami dibuat takjub dengan betapa jernih dan bersihnya air di sini," katanya kepada tim Tapal Batas detikTravel beberapa waktu lalu.

Dikatakan Carol, tujuannya datang ke Anambas yaitu untuk melakukan snorkeling dan diving. Adapun pulau yang ia kunjungi di antaranya Pulau Semut dan Pulau Ayam.

Turis asing yang liburan di Anambas.Turis asing yang liburan di Anambas. Foto: dok. Alfi Kholisdinuka/detikcom

"Kami melakukan snorkeling di Pulau Semut, dan Pulau Ayam. Kita pergi ke beberapa pulau untuk snorkeling," tuturnya.

Diketahui, Pulau Ayam menjadi surga bagi siapa saja yang menggemari aktivitas snorkeling. Sebab pesona alam pulau yang terletak di kecamatan Jemaja Timur ini terbilang masih asri. Air lautnya juga jernih, sehingga wisatawan yang mencintai dunia bawah laut dapat menikmati indahnya terumbu karang dengan biota laut beragam yang hidup di dalamnya.

Dermaga kayu pantai kusik begitu estetik pantainya juga bersihDermaga kayu pantai kusik begitu estetik pantainya juga bersih Foto: I Gede Leo Agustina



Carol berencana untuk tinggal hingga 3 bulan ke depan. Selain panorama alam yang menawan, keramahan warga lokal juga membuat dirinya betah berlama-lama liburan di Kepulauan Anambas.

"Pengalaman kami sejauh ini sangat menyenangkan. Orang-orangnya sangat ramah. Bahkan anak-anak senang menyapa kami. Semua orang ramah," tuturnya.

Menurutnya, makanan tradisional setempat juga lezat. Sebut saja sate ayam dan olahan cumi-cumi.

Potret Desa Batu Belah, Kampung Bahari Binaan TNI AL di Tapal BatasKeindahan alam bahari Anambas/Foto: Rafida Fauzia

"Kami juga sangat suka makanan lokal di sini. Tapi kami belum pernah coba mie Tarempa. Kami masih cari rekomendasi tempat atau restoran yang menjual mie Tarempa terenak di sini," pungkasnya.

detikcom bersama BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas perkembangan ekonomi, infrastruktur, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan Indonesia. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!



Simak Video "Turis Asing yang Kencingi Kawah Gunung Bromo Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA