Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Sep 2019 11:20 WIB

D'TRAVELERS PHOTOS

Gua di Pangkep Simpan Keeksotisan Tiada Dua

Jumadil Awal
d'travelers
detikTravel Community - Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan dikenal dengan puluhan gua prasejarah dan disebut-sebut sebagai surga tersembunyi. Salah satunya Gua Kallibong Alloa.

Lokasinya berada di Desa Belae, Kecamatan Minasa Tene dengan kedalaman mencapai 200 meter dari tanah. Gua ini juga masuk kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Dalam bahasa setempat, Kallibong berarti lubang dan Alo adalah penamaan untuk burung julang Sulawesi. Menurut warga sekitar, dulu banyak ditemukan burung rangkong Sulawesi di sekitar gua, tapi karena adanya aktivitas manusia, sekarang hampir tidak ditemukan lagi keberadannya.

Untuk mencapai gua cantik tersebut tidak mudah. Pengunjung harus melalui tebing batu cadas dan medan yang cukup terjal dengan kemiringan 80 derajat dan memakan waktu 2 jam perjalanan. Dibutuhkan juga alat-alat climbing untuk bisa sampai ke mulut gua.

Hal utama yang harus dibawa untuk masuk ke gua tersebut adalah penerangan seperti senter serta menggunakan helm. Itu agar tetap aman saat berjalan di dalam gua.

Setelah masuk ke gua, para pengunjung akan diperlihatkan dinding-dinding gua yang berkilau karena mengandung mineral seperti kristal dan ornamen-ornamen lainnya yang berbentuk pilar dan gorden. Di beberapa bagian gua tersebut juga terdapat ornamen yang rusak, juga terdapat patahan-patahan yang berhamburan di lantai.

Banyaknya ornamen yang patah dan berhamburan dikarenakan adanya orang-orang yang mencari bongkahan batu giok. Mereka menghancurkan dan mencari inti batuan. Tapi sebelum berkunjung, jangan lupa untuk melapor ke petugas pengelola Gua Kallibong Alloa atau melapor ke warga sekitar agar diberikan arahan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA