Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jun 2020 17:15 WIB

D'TRAVELERS PHOTOS

Vila Cantik Tapi Berhantu di Sulsel Ini Batal Dikunjungi Ratu Belanda

Arnis Taher
d'travelers
Foto 1 dari 6
Villa Yuliana dilihat dari kejauhan
Villa Yuliana dilihat dari kejauhan
detikTravel Community -

Villa Yuliana atau dikenal dengan nama Mess Tinggi oleh masyarakat kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Bangunan yang terletak di tengah Kota Watansoppeng menyimpan berbagai cerita mistis.

Umur bangunan ini dperkirakan sudah lebih dari seabad lebih dan dibangun oleh Gubernur Hindia Belanda, C.A. Kroesen pada tahun 1905.

Villa Yuliana dibangun untuk menghormati kelahiran puteri Ratu Belanda, Wilhelmina yang diberi nama Yuliana. Bangunan ini konon dipersiapkan sebagai tempat tinggal sementara Ratu belanda dan keluarga yang akan mengunjungi kabupaten Soppeng untuk berlibur, hingga sekarang rencana itu tak kunjung tercapai. 

Vila ini terletak di dataran tinggi dan memiliki keindahan tersendiri. Menurut cerita warg, pintu bangunan ini sering terkunci sendiri dan pada saat tertentu terdengar suara hentakan sepatu gerombolan serdadu.

Menurut sumber lain sering terlihat seorang wanita berbaju putih yang berdiri di lantai dua bangunan ini serta cerita lainnya yang sekaligus menjadi daya tarik lain jika berkunjung ke kota Watansoppeng.

Tentu banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah zaman kolonial yang memilki cerita mistis tak terkecuali Villa Yuliana yang tetap menjadi obyek wisata murah bagi keluarga.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA