Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Jun 2012 12:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pulau Hosena, Jejak Sekutu di Danau Sentani

Foto 1 dari 5
Gubuk bekas peninggalan sekutu di Pulau Hosena (Sastri/ detikTravel)
Gubuk bekas peninggalan sekutu di Pulau Hosena (Sastri/ detikTravel)
detikTravel Community -

Pendudukan AS di Papua pada masa Perang Dunia II meninggalkan banyak jejak, salah satunya adalah Pulau Hosena. Pulau mungil ini jadi peristirahatan setelah mereka berburu hewan di Pegunungan Cyclops.

Sentani Lake Tour yang saya ikuti pada Selasa, (19/6/2012) lalu, sengaja melewati Pulau Hosena. Ini adalah salah satu dari 22 pulau yang tersebar di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Pulau ini mungil, didominasi oleh pohon kelapa. Hanya ada satu gubuk yang bertengger di pinggir pantainya.

Samuel, nama guide yang bertugas saat itu, menjelaskan sejarah pulau dan gubuk mungil tersebut.

"Dulu pulau ini jadi tempat peristirahatan sekutu kalau habis berburu. Setelah mendapat buruan di Pegunungan Cyclops, mereka beristirahat dan menginap di sini," jelasnya.

Gubuk itu masih kokoh berdiri, tampak selaras dengan pohon kelapa dan panorama Pegunungan Cyclops yang membentang di baliknya. Sesekali gubuknya dipakai oleh warga setempat untuk beristirahat di sela-sela mencari ikan.

Pulau Hosena adalah salah satu jejak sekutu di tanah Papua. Pada Perang Dunia II, AS mengirim jenderal terbaiknya, Douglas McArthur, untuk menduduki berbagai tempat termasuk Irian Jaya dan Papua Nugini. Jejak sekutu di Kabupaten Jayapura juga terlihat di Desa Tablanusu yang terletak di Distrik Depapre, juga Tugu McArthur yang terletak di salah satu puncak Pegunungan Cyclops.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA