Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Jan 2014 13:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Gili Kondo, Si Cantik Jelita dari Lombok Timur

Alex Zulfikar
d'travelers
Foto 1 dari 5
Menikmati private island di Gili Kondo
Menikmati 'private island' di Gili Kondo
detikTravel Community - Tak salah Lombok disebut sebagai Pulau Seribu Gili. Deretan pulau eksotis mengelilingi Lombok. Salah satunya yang banyak wisatawan belum tahu adalah Gili Kondo, di Lombok Timur. Alam bawah lautnya luar biasa indah.

Traveling ke Lombok belum lengkap kalau belum menjelajahi gili-gili yang tersebar mengelilingi pulau eksotis ini. Yang paling terkenal tentu tiga gili, yakni Trawangan, Meno, dan Air.

Tapi Lombok masih punya puluhan Gili lain yang tak kalah mempesona, salah satunya adalah Gili Kondo. Gili Kondo berada di wilayah Lombok Timur, sekitar dua jam perjalanan dari Mataram dan sepuluh menit menyeberang Pelabuhan Padak Juar.

Waktu terbaik untuk traveling ke Gili Kondo adalah saat musim panas atau pertengahan tahun. Perairan di Gili Kondo tak terlalu dalam, airnya bening, bersih, dan ombaknya tenang.

Saat air laut surut, kita bahkan bisa jalan kaki menyeberang ke Pulau Gili Bidara, yang letaknya hanya sekitar 500 meter dari Pantai Timur Gili Kondo.

Ketika snorkeling di Gili Kondo, kita akan menjumpai gerombolan ikan yang jinak, terumbu karang warna-warni, dan puluhan ikan nemo. Yang unik, di sini ada beberapa nemo hitam, sejenis ikan giru atau ikan badut dengan corak warna lebih gelap.

Setelah puas snorkeling dan free diving, kita bisa island hopping, berjalan menyusuri hamparan pasir putih yang mengelilingi pulau seluas tak lebih dari 1 km persegi. Berjalan kaki pun dilengkapi dengan sambil menikmati matahari sore, yang dari kejauhan seolah beranjak tenggelam di balik pelukan Gunung Rinjani.

Ingin bermalam di sini? Ada beberapa rumah kayu atau gazebo, yang di Lombok disebut berugaq, serta terdapat area untuk kemping. Kalau lapar, ada warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Gili Kondo bikin kita merasa seperti di sebuah pulau pribadi. Tempat yang sempurna untuk bulan madu atau sekedar pesta kecil-kecilan bersama sahabat.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED