Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Des 2013 11:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yogya Punya Vredeburg, Solo Juga Punya Benteng Vastenburg

Foto 3 dari 4
Renovasi Benteng
Renovasi Benteng
detikTravel Community -

Objek wisata yang memiliki nilai sejarah, digandrungi juga oleh banyak wisatawan, salah satunya benteng. Kalau Yogyakarta memiliki Benteng Vredeburg, maka Solo memiliki Benteng Vastenburg. Seperti apa?

Berbeda dengan Benteng Vredeburg, Benteng Vastenburg baru akhir-akhir ini mendapat perhatian khusus. Banyak event di Solo berskala nasional maupun internasional diadakan di tempat ini.

Benteng Vastenburg berdiri sejak tahun 1779. Benteng ini terletak tidak jauh dari Keraton Solo dan tidak jauh dari Balai Kota Solo. Benteng ini di bangun oleh Gubernur Jendral Baron Van Imhoff.

Benteng Vastenburg berfungsi untuk mengawasi aktivitas Keraton Surakarta sejak pemerintahan Paku Buwono III. Nama awal benteng ini adalah Grootmoedigheid, namun kemudian berganti menjadi Vastenburg yang memiliki arti istana yang dikelilingi tembok kuat.

Sekarang, benteng ini mulai dibenahi karena ada berbagai kerusakan yang perlu diperbaiki. Bulan November ini saya ke sini mencoba untuk berkunjung di benteng yang penuh dengan sejarah ini.

Untuk menuju tempat ini cukup mudah. Jika Anda turun di Stasiun Balapan, Anda bisa naik taksi, atau naik bus dari Stasiun Balapan turun di halte Panggung ganti bus kota jurusan Gladak.

Jika turun di Bandara Adi Sumarmo bisa naik bus BST turun di Benteng Vastenburg. Lokasi ini mudah dicapai karena berada di kota dan banyak transportasi umum ke tempat ini.

Setelah puas mengeksplorasi Benteng Vastenburg, jangan lupa ke melipir ke sebelah selatan, karena ada wisata belanja maupun wisata kuliner, yang akan memanjakan Anda. Wisata belanja tersebut adalah Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade Center (BTC). Sedangkan wisata kulinernya ada di Gladak Langen Bogan atau Galabo.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA