Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Nov 2014 19:34 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kembaran Masjid Nabawi Ada di Semarang

Dhian Z.C.A
d'travelers
Foto 3 dari 4
Bagian dalam masjid
Bagian dalam masjid
detikTravel Community - Tahukah Anda, Masjid Agung Semarang disebut-sebut mirip Masjid Nabawi di Madinah. Sebab, ada 6 payung hidrolik raksasa yang membuatnya mirip degan masjid yang ada di Tanah Suci tersebut. Penasaran?

Inilah Masjid Agung Semarang, mengunjungi masjid ini sekilas kita seperti berada di Masjid Nabawi, Madinah. Bangunan yang megah dilengkapi dengan fasilitas mewah lainnya membuat traveler yang berkunjung dibuat terkagum-kagum akan keindahannya.

Selain terkenal akan kulinernya yang khas seperti tahu bakso dan lumpia, Semarang juga kaya akan tempat-tempat ziarah dan wisata religi. Di kota ini kita bisa menjumpai Klenteng Agung Sam Poo Kong, klenteng-klenteng kecil di Kawasan Pecinan, Gereja Blenduk, Gereja Gedangan di Kota Lama, Pagoda Avalokiteswara di Watu Gong, hingga Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang terletak di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari.

Arsitektur Masjid Agung Semarang Jawa Tengah ini tidak kalah megah dan agung dengan masjid-masjid besar lainnya di Indonesia. Masjid yang luasnya sekitar 10 hektar ini sempat membuat saya kaget karena terletak di jalan yang tidak begitu besar, membuat bangunan ini tampak seperti arsitektur raksasa yang indah bak istana.

Setelah membayar parkir kendaraan roda 4 dan mulai mendekati kawasan halaman masjid, tampak dari depan 6 payung hidrolik raksasa yang bisa membuka dan menutup secara otomatis. Payung raksasa ini mengadopsi dan terinspirasi dari arsitektur Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Agung Semarang memiliki 1 basement khusus yang sangat luas, diperuntukkan untuk area parkir baik motor maupun mobil. Dengan area yang cukup luas, bangunan masjid ini berdiri berdampingan dengan menara tinggi dengan jumlah lantai yang mencapai 19 buah.

Menara setinggi 99 meter yang disebut dengan nama Menara Asmaul Husna ini melambangkan kebesaran dan kemahakuasaan Allah. Menara ini dilengkapi dengan lift yang akan membawa pengunjung menuju puncak menara guna menyaksikan keindahan Masjid Agung Jawa Tengah serta Kota Semarang dari ketinggian. Bagi yang ingin menjelajahi menara tersebut, pengunjung dikenakan biaya Rp.5.000/orang.

Tak lengkap rasanya apabila selesai berjalan-jalan menyusuri area masjid atau seusai menunaikan ibadah shalat, tidak mendokumentasikan Masjid Agung Semarang. Terdapat banyak spot menarik bagi pengunjung untuk berfoto. Hal itu bisa dilakukan bersama keluarga maupun selfie dengan latar belakang menara atau payung-payung raksasa agar serasa berada di Masjid Nabawi.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA