Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Jan 2015 13:51 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tasik Perdana, Taman Super Cantik di Kuala Lumpur

Ipon Susanti
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Taman Tasik Perdana Kuala Lumpur, Malaysia
Taman Tasik Perdana Kuala Lumpur, Malaysia
detikTravel Community - Kuala Lumpur punya banyak sudut menarik untuk dijelajahi. Coba saja ke Taman Tasik Perdana, dari satu tempat ini Anda bisa menikmati beragam tempat menarik seperti Taman Burung, Taman Kupu-kupu dan Planetarium. Lengkap!

Kuala Lumpur, ibukota Malaysia ini memang terkenal dengan surganya tempat belanja maupun wisata kuliner. Jika Anda berkesempatan berada di Kuala Lumpur dan ingin merasakan ketenangan dari suasana hiruk pikuk kota, maka berkunjunglah ke Taman Tasik Perdana atau yang lebih terkenal sebagai Lake Garden.

Taman yang tertua dan paling populer di Kuala Lumpur ini dahulunya dicetuskan oleh seorang Residen British A.R Venning pada tahun 1888 dengan nama Sydney Lake. Kemudian, diperbaiki pada masa pemerintahan Tun Abdul Razak pada tahun 1975 dan berganti nama menjadi Taman Tasik Perdana.

Pintu masuk ke Taman Tasik Perdana terletak di sepanjang Jalan Parlimen dan di belakang Masjid Negara. Anda bisa mengunjungi lokasi ini dengan menggunakan taksi ataupun berjalan kaki sambil menikmati pemandangan sekitar kota Kuala Lumpur.

Di taman seluas 104 ha ini, Anda bisa piknik, jogging, mendayung perahu di danau buatan atau sekedar jalan-jalan menikmati pepohonan yang rindang. Di taman ini juga terdapat tempat playground untuk anak-anak, dan ada Taman Rusa dimana Anda bisa melihat rusa berkeliaran bebas.

Dari taman ni, Anda bisa mengunjungi lokasi dengan daya tarik menarik yang berdekatan seperti Memorial Tun Abdul Razak. Pasti Anda pernah mendengar nama Tun Abdul Razak dalam sejarah, beliau adalah perwakilan dari Malaysia yang ikut menandatangani Deklarasi Bangkok dalam sejarah berdirinya ASEAN.

Memorial Tun Abdul Razak merupakan sebuah bangunan yang sebenarnya adalah rumah kediaman resmi Tun Abdul Razak, mantan Perdana Menteri Malaysia yang ke-2. Bangunan ini telah dijadikan Memorial Tun Abdul Razak untuk memperingati jasa dan sumbangan beliau terhadap bangsa dan negara Malaysia.

Anda bisa berkeliling masuk ke dalam rumah ini tanpa harus membayar tiket masuk. Anda bisa melihat berbagai barang-barang milik pribadi Tun Abdul Razak dan keluarganya, seperti ruang perpustakaan, ruang keluarga, ruang tidur, dan gambar-gambar lukisan Tun Abdul Razak semasa beliau hidup hingga akhirnya meninggal dunia pada bulan Januari 1962.

Tertarik untuk melihat bermacam-macam jenis burung? Datang saja ke Bird Park yang lokasinya tak jauh dari Taman Tasik Perdana. Bird Park seringkali dibilang oleh tourism Malaysia sebagai sarang burung terbesar di dunia dengan luas 21 ha. Bird Park merupakan rumah bagi 3000 burung yang terdiri dari 200 spesies burung lokal maupun asing.

Hal yang menarik adalah dengan konsep "free flight", Anda bisa melihat berbagai jenis burung tanpa harus melihatnya dari sangkar. Hanya burung-burung yang masuk kategori liar saja biasanya yang ada di dalam sangkar seperti burung unta dan burung-burung liar lain. Ada juga restauran dan souvenir shop bila Anda ingin berbelanja disini. Harga tiket masuk ke Bird Park untuk dewasa RM 39 (Rp 138 ribu) dan untuk anak-anak RM 29 (Rp 100 ribu).

Bagi penggemar bunga anggrek, berkunjunglah ke taman anggrek atau Orchid garden yang letaknya persis di seberangnya Bird Park. Orchid Garden merupakan taman anggrek seluas 1 ha, Anda bisa melihat pelbagai bunga anggrek, belajar tentang anggrek dan juga belanja bunga anggrek di outlet yang sudah disediakan. Biaya masuk gratis, hanya di hari-hari libur saja anda harus membayar RM 1 (Rp 3.500).

Anda bisa melihat dan belajar tentang kupu-kupu secara lebih dekat di Taman Rama-Rama (Butterfly Park). Taman ini mirip seperti Bird Park dimana Anda akan masuk ke sebuah sangkar besar sehingga kupu-kupunya tidak bisa terbang kemana-mana, hanya taman ini jauh lebih kecil saja.

Di sini ada sekitar 6.000 kupu-kupu dari sekitar 120 spesies dan 15.000 jenis tanaman sebagai tempat hidupnya kupu-kupu. Di sini juga ada museum kupu-kupu, di mana anda bisa melihat berbagai macam jenis kupu-kupu, tarantula, dll. Harga tiket masuk untuk dewasa RM 18 (Rp 63 ribu) dan untuk anak-anak RM 8 (Rp 28 ribu).

Masih disekitar kawasan Taman Tasik Perdana, Anda bisa berkunjung ke National Planetarium, mungkin agak mirip dengan planetarium di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Ada berbagai pameran yang cukup menarik, Anda bisa melihat mesin roket, bermain-main di ruang blackhole, duduk di kokpit space shuttle dan menggunakan atau mensimulasikan beberapa peralatan angkasa luar.

Anda akan terkejut melihat pakaian batik dan Alquran yang dipajang di ruang pameran. Menurut keterangan yang terpampang pada bingkai kaca, dapat diketahui bahwa batik dan Alquran tersebut merupakan barang yang ikut dibawa oleh astronot pertama Malaysia yang berangkat sekitar tahun 2008 lalu ke luar angkasa. Di sini juga ada pertunjukan theater film tentang planet, matahari, bintang, dll. Biaya masuk planetarium ini kira-kira sekitar RM 2 (Rp 7 ribu) atau RM 3 (Rp 10 ribu) per orang.

Dari Taman Tasik Perdana ini banyak tempat menarik lainnya bisa Anda kunjungi antara lain: Museum Kesenian Malaysia (Islamic Arts Museum Malaysia), Museum Polis (Police Museum), Taman Bunga Raya, Tugu Peringatan Negara, Museum Negara dan Bangunan Parlimen. Nikmati liburan yang menyenangkan di Kuala Lumpur dan siapkan kamera Anda.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED