Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Apr 2015 17:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenang Masa Kejayaan Kesultanan Serdang di Sumut

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Replika Istana Kesultanan Serdang
Replika Istana Kesultanan Serdang
detikTravel Community -

Kesultanan Serdang pernah mencapai kejayaannya ratusan tahun silam. Istananya memang telah dibakar oleh Belanda pada masa penjajahan dulu. Namun, jika ingin mengenang kejayaan Kesultanan Serdang, replika istananya ada di Sumatera Utara.

Replika Istana Sultan Serdang ada di Melati Kebun, Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai. Istana aslinya dulu ada di Desa Galuh, Perbaungan. Tetapi dibakar oleh Belanda karena pihak kerajaan tak mau mendukung mereka.

Bentuk bangunan Replika Istana Sultan Serdang dibuat sama seperti istana yang asli. Pembuatan replika istana ini diprakarsai oleh Sultan Serdang Allahyarham Tuanku Luckman Sinar Basarshah II SH dan diresmikan 7 Januari 2012.

Replika istana dibuat sebagai pembelajaran dan pengingat sejarah, bahwa dulunya pernah ada Kerajaan Serdang. Selain itu, replika istana ini diharapkan bisa jadi lokasi pusat pengembangan kebudayaan dan adat Melayu.

Sayangnya, saat ini replika istana Sultan Serdang hanya digunakan sebagai Kantor Pariwisata Kabupaten Serdang Bedagai. Padahal menurut saya, replika istana ini juga bisa dijadikan objek wisata sekaligus sebagai sebuah museum.

Masih banyak ruang kosong yang tidak terpakai. Salah satunya adalah lantai dua istana yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk museum. Semoga hal ini akan segera terealisasikan di masa depan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA