Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Okt 2015 14:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Liburan ke Bukittinggi, Nasi Kapau yang Lezat Sudah Menanti

Bayu Haryanto
d'travelers
Foto 1 dari 4
Seorang penjual Nasi Kapau sedang mengambil lauk pauk
Seorang penjual Nasi Kapau sedang mengambil lauk pauk
detikTravel Community - Ketika liburan di Bukittinggi, Sumatera Barat, ada kuliner yang harus dicoba yaitu nasi kapau. Nasi yang dinikmati dengan beragam lauk pauk ini sungguh nikmat!

Sumatera Barat tidak kaya akan kemolekan alamnya, namun begitu juga dengan keberagaman kuliner yang mendunia. Nasi kapau, salah satunya. Kuliner khas Minangkabau ini memiliki daya pikat sendiri bagi penikmatnya.

Jika pergi berlibur ke Kota Bukittinggi tidak adanya salahnya untuk mencicipi nasi kapau yang berada di kawasan Los Lambuang, Pasa Lereng, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Sekitar 300 meter dari dari Jam Gadang di pusat kota.

Nah, ceritanya nama Kapau itu berasal dari Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam yang dikenal pandai meracik makanan. Menurut cerita penduduk setempat, hanya penduduk asli Nagari Kapau yang bisa menghasilkan kuliner nikmat seenak Nasi Kapau.

Tidak sembarang orang tahu racikan asli bumbu khas Kapau. Yang pasti, setiap keluarga punya komposisi sendiri dan selalu dirahasiakan secara turun temurun. Bahkan untuk mendapatkan Tambusu yang enak, hanya masyarakat dari Nagari ini yang pandai mengolahnya.

Nasi Kapau ini juga bisa disebut dengan nasi ramesnya Minangkabau.  Nasi Kapau ini berbeda dengan Nasi Padang atau Nasi Ampera lainnya. Nasi Kapau memiliki keunikan tersendiri dimulai dari rumah makannya, selalu menyajikan menu makanannya di dalam panci besar yang disusun bertingkat.

Kemudian ketika melayani pembeli, sendok bertangkai panjang dari tempurung kelapa digunakan untuk mengambil menu makanan ke piring makan pembeli. Kerennya lagi, menu makanan yang ditawarkan sangat beragam, bisa 15-20 jenis.

Gulai sayur menjadi ciri khasnya Nasi Kapau. Gulai ini terdiri dari potongan besar-besar cubadak (nangka), rebung, kol, pakis, kacang panjang dan terkadang ada jengkol. Lauk khasnya Tambusu, campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus 12 jari sapi.

Satu porsi Nasi Kapau ini terdiri dari  nasi yang berasnya harus bermutu tinggi dari Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Untuk lauk pauk, pilihannya berupa gulai ikan, dendeng, tambusu, ayam rendang, kalio, gulai kulit dan lain sebagainya. Mantap!

Kemudian nasi dan lauknya tersebut disiram dengan kuah gulai, potongan dendeng, berbagai jenis sambal baik samba lado merah, samba lado hijau teri dan tidak lupa juga gulai sayur.

Harga Satu porsi Nasi Kapau cukup berbeda dengan nasi lainnya, bisa mencapai Rp 25 ribu. Namun itu tidak menjadi masalah bagi pencinta Nasi Kapau yang rela untuk memuaskan perutnya.

Soal rasa? Nasi Kapau memang tiada duanya. Rugi sekali bila ke Sumatra Barat tidak mencicipi Nasi Kapau yang menggunggah selera ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA