Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Feb 2016 11:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Misteri Patung Megalitikum di Poso

Foto 1 dari 5
Lembah Bada
Lembah Bada
detikTravel Community - Patung megalitikum di Lembah Bada, Poso sampai sekarang masih menjadi misteri. Belum jelas, apa maksud dibuat patung ini. Penampakannya, mirip seperti yang ada di Pulau Paskah.

Berada di Sulawesi Tengah, dapat ditempuh perjalanan darat dari Palu ke arah Poso, dapat dengan pesawat dari Makasar ke Poso, dari Poso dibutuhkan waktu 5 jam dengan kendaraan roda 4, dengan kondisi jalan sudah relatif baik. Lembah Bada menyeruak sebagai pilihan utama kala berbicara tentang peninggalan masa silam.

Merupakan bagian dari Taman Nasional Lore Lindu, Lembah Bada jadi rumah bagi sederet peninggalan megalitikum berupa batu-batu besar yang memuat misteri kejayaan suku Napu, Besoa, dan Bada. Terdapat di Kecamatan Lore Selatan, Lore Utara dan Lore Barat, Kabupaten Poso. Terkungkung padang rumput, Lembah Bada jadi tujuan terbaik untuk menikmati misteri kejayaan masa lalu berbalut panorama alam memesona.

Puluhan patung purabakala ini kabarnya sudah ada sejak abad ke-14. Meski sudah diteliti oleh banyak ilmuwan, namun tujuan didirikannya batu-batu kuno ini masih belum bisa dijelaskan. Misteri yang menggantung begitu gamblang seakan menambah pesona lembah di selatan kota Palu ini.

Keberadaan ribuan artefak dan patung megalitikum di landscape memukau membuat lembah Bada punya rupa yang hampir mirip dengan pulau di selatan Samudra Pasifik. Bahkan, ada beberapa orang yang mengaitkan keberadaan patung kuno di lembah Bada dengan yang ada di Pulau Paskah.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED