Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Okt 2016 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Air Terjun Aek Birong, Perawan Cantik dari Asahan

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 4
Air Terjun Aek Birong
Air Terjun Aek Birong
detikTravel Community - Ngarai Sigura-Gura atau dikenal juga dengan nama Lembah Asahan memiliki begitu banyak air terjun. Salah satu yang masih perawan adalah Air Terjun Aek Birong.

Beberapa air terjun tersebut memang telah dikelola dengan baik sebagai objek wisata, namun masih terdapat puluhan air terjun lainnya yang belum mendapat sentuhan tangan manusia. Salah satunya adalah Air Terjun Aek Birong.

Air Terjun Aek Birong merupakan sebuah air terjun cantik yang aliran airnya mengalir di sela-sela tebing batu dengan ketinggian mencapai 70 meter. Air terjun ini berada di dalam kawasan Ngarai Sigura-Gura, tepatnya di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan.

Untuk mencapai lokasi air terjunnya dibutuhkan sedikit perjuangan meski air terjunnya terlihat dari pinggir jalan. Ini karena akses menuju air terjun yang belum ada bahkan air terjun ini belum mendapat sentuhan tangan manusia. Artinya, Air Terjun Aek birong masih merupakan air terjun yang alami.

Ada dua jalur untuk mencapai air terjun ini, yang pertama melalui sungai yang terbentuk dari aliran Air Terjun Aek Birong. Hanya saja bersiaplah untuk berbasah-basahan.

Yang kedua melalui perkebunan sawit. Namun untuk turun ke dasar air terjun harus menuruni dinding terjal yang sayangnya berupa tanah gambur bercampur batu, sehingga sangat berbahaya untuk dilalui jika tidak berhati-hati.

Mempertimbangkan kondisi trek tersebut, saya memilih untuk menikmati pesona air terjun ini dari ujung rute kebun sawit saja. Karena dari sini pun pemandangannya sudah cukup indah.

Perpaduan air terjun cantik yang masih alami, tebing yang menjulang tinggi dan hijaunya pepohonan cukup membuat rileks perasaan.

Apalagi menurut saya seorang traveler itu harus tahu batas dirinya dan kondisi sekitarnya. Biar bagaimana pun berangkat dari rumah sehat, pulang pun harus selamat adalah syarat mutlak seorang traveler.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA