Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Apr 2017 09:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Air Terjun & Surga Kupu-kupu di Siem Reap, Kamboja

arief kas
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Mandi dulu yuk
Mandi dulu yuk
detikTravel Community - Siem Reap di Kamboja tak hanya punya Angkor Wat. Di sini juga ada air terjun cantik dan surga kupu-kupu yang bisa dilihat di Taman Nasional Phnom Kulen.

Trekking 1.500 meter di kawasan Taman Nasional Phnom Kulen di Kota Siem Reap, maka dtraveler harus mencoba untuk bersenang-senang di bawah air terjun Kbal Spean. Tadinya saya sanksi kalau ada air terjun di Siem Reap, mengingat puncak tertinggi di Kota Angkor Wat cuma sekitar 500 - 600 meter dan tidak ada sungai besar di sini.

Ternyata di puncak tertinggi kota ini, ada kawasan sungai yang begitu bersih dan dijamin bebas polusi. Tidak ada pabrik di Kota Siem Reap, penduduknya juga sedikit dan buat naik ke puncak bukit ini dibutuhkan stamina yang kuat.

Sehingga dijamin air sungainya pun sangat bersih dan begitu tenang. Sudut-sudut cantik dan instagrammable banyak terdapat di lokasi ini. Perhatikan dinding-dinding bukit yang penuh pahatan relief Hindu. Jangan salah lho, Kamboja dulu dibawah kekuasaan raja Hindu dari Jawa - kerajaan Mataram Kuno di abad ke-9.

Relief lingga dan yoni sangat banyak ditemukan di sini. Ada relief dewi, dan yang paling aneh yaitu relief buaya terpahat di dinding sungai. Wah, berarti memang dulu ada buaya di sungai yang berada di atas bukit ini. Sambil menuruni bukit dengan hati-hati, tibalah kami di air terjun yang cantik.

Ada banyak kupu-kupu cantik di air terjun ini, mengingatkan saya seperti di Bantimurung, Sulawesi Selatan. Tetapi air terjun di sini tidak sebesar di Kota Bantimurung. Kupu-kupu merupakan salah satu indikator polusi selain kunang-kunang, dengan adanya kerajaan kupu-kupu di kawasan ini, menandakan bahwa kawasan taman nasional ini masih bebas polusi.

Kemudian saya memberanikan diri untuk berfoto di bawah air terjun dan tentu saja membuat baju saya basah kuyup. Dan tidak lama kemudian, banyak wisatawan asing mengikuti saya untuk mandi dibawah siraman air terjun yang begitu menyegarkan.

Selama hampir 1,5 jam kami berada di kawasan air terjun ini sambil menikmati kupu-kupu cantik beterbangan. Ingat, jangan tinggalkan secuil sampah di kawasan ini, cukup tinggalkan telapak kaki saja. Untuk ganti baju, jangan harap ada kamar mandi, carilah batu besar di sekitar air terjun dan gantilah baju di belakang batu besar tersebut.

Perjalanan turun bukit juga sangat menantang tapi cukup mudah dibanding ketika naik. Ketika di area parkir, ada beberapa warung makanan yang menyediakan free wi fi dan harga makanannya pun terjangkau. Untuk makanan sekitar 4-7 USD per menu dan bisa sharing agar lebih irit.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.