Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Apr 2017 17:32 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Wisata Kuliner Sate Sepi di Pantai Cimaja, Enak!

rudi_rachmat
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Warung nasi Ibu Yati
Warung nasi Ibu Yati
detikTravel Community - Di sekitar Pantai Cimaja, ada kuliner sate sepi yang menggoda untuk diicipi. Rasanya enak dan dijamin bikin ketagihan. Coba saja sendiri ya!

Dahulu kupikir sate jengkol itu hanya dapat kunikmati di Kota Medan, tepatnya di Pusar Pasar. Makanya jika berkunjung ke ibukota propinsi Sumatera Utara ini, kumenyempatkan mampir ke pasar ini sekedar menikmati kelezatan lauk ini. Di sini kerap kudapatkan penjual sate jengkol yang dijajakan secara bakulan di trotoar sekitar pasar.

Sebenarnya sate jengkol juga bisa didapatkan di rumah-rumah makan yang menyajikan menu khas kota itu, seperti yang terdapat di Komplek Asia Mega Mas.

Kita tak perlu gengsi mencicipi olahan buah yang amat merakyat di bumi nusantara ini. Bagaimanapun jengkol telah naik kelas, tidak lagi cuma menjadi makanan kalangan masyarakat kelas menengah bawah.

Tapi itu dulu. Beberapa waktu lalu ketika sedang berpelesiran ke daerah Pelabuhan Ratu di Sukabumi, betapa kaget bercampur senang saat kumendapatkan sate jengkol di sebuah warung nasi yang terletak di daerah Pantai Cimaja. Warung Nasi Ibu Yati namanya, terletak di Jalan Raya Cisolok - Pelabuhan Ratu, Cimaja, Marinjung Hilir.

Rupanya penduduk di sini mengenal jengkol dengan sebutan 'sepi', maka jadilah kumencicipi sate sepi di sini. Selain menu sate buah yang berbau khas menyengat itu, warung nasi ini juga menyajikan nasi kuning, lontong sayur, kupat tahu, rendang daging dan telor.

Pelanggannya bukan cuma masyarakat setempat serta pelancong yang sedang menikmati keindahan pantai-pantai di kota Pelabuhan Ratu, tetapi juga hotel-hotel dan penginapan-penginapan di sekitar kerap memesan nasi serta menu dari warung sederhana ini untuk para tamunya. Ternyata rasanya memang tidak kalah dengan rumah makan bermenu tradisional, apalagi sate sepi yang istimewa.

Warung itu tak jauh dari Pantai Cimaja yang merupakan pantai favorit bagi para peselancar lokal maupun asing. Pantai ini sangat cocok untuk olahraga berselancar sebab gelombangnya yang tinggi hingga mencapai 5 meter. Di pantai ini kerap diselenggarakan turnamen selancar tingkat nasional ataupun internasional.

Maka lengkaplah di pantai yang berjarak 120 kilometer dari Jakarta ini, selain bisa menikmati panorama alam perpaduan antara pantai dan perbukitan yang begitu indah, menyaksikan kehebatan para peselancar beraksi, kita dapat pula mencicipi kelezatan sate sepi dengan diiringi suara debur ombak yang alangkah menggelegar.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED