Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Mei 2017 10:26 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Popoongan, Sang Primadona Kepulauan Balabalagan

Edelweiss Blogger
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Dermaga kayu Pulau Popoongan
Dermaga kayu Pulau Popoongan
detikTravel Community - Jika kamu traveling ke Kepulauan Balabalagan di Selat Makassar, mampirlah ke Pulau Popoongan. Di sini kamu bisa berwisata bahari dengan pemandangan keren!

Pulau Popoongan adalah pulau yang terletak di tengah Kepulauan Balabalakang. Warganya ramah terhadap pendatang. Di Pulau Popoongan terdapat 5 Perusahaan pengeksporan Ikan Kerapu dan Lobster.

Pulau ini banyak didatangi oleh nelayan di sekitar Balabalakang, nelayan di luar wilayah Balabalakang hingga pedagang sembako. Para pengepul ikan asin dan teripang kering dari Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan juga kerap ke sini.

Penduduk asli sini memiliki usaha penangkapan ikan kerapu, lobster dan teripang. Hasil tangkapan para nelayan akan dikumpulkan di rumah Bagang yang memiliki jala apung untung menampung hasil tangkapan sementara, sebelum dijemput oleh kapal perusahaan ikan untuk diantar ke Balikpapan.

Pulau ini dapat dikelilingi dengan berjalan kaki kurang lebih 30 menit. Dermaga pulau ada 3 di bagian barat.

Pulau Popoongan memiliki fasilitas umum seperti Sekolah Dasar, lapangan sepak bola, Masjid, Sumur Umum, Puskesmas dan WC Umum. Bangunan perkampungannya sangat teratur. Ada yang mempertahankan arsitektur rumah panggung khas Suku Bugis, dan ada juga yang bangunan beton.

Beberapa rumah memiliki hiasan atap yang serupa, itu menandakan mereka memiliki kaitan kekeluargaan. Jalan di perkampungan berupa pasir pantai yang bersih.

Bahkan banyak warganya tidak memakai alas kaki. Oleh karena itu di depan rumah penduduk selalu ada tempat air dan gayung untuk membersihkan kaki sebelum masuk ke dalam rumah.

Pulau Popongan juga menjadi tempat homestay bagi open trip, oleh karena itu pada hari libur panjang, Pulau Popongan sangat ramai oleh wisatawan. Kegiatan wisata mulai marak sejak tahun 2014 di pulau ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED