Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Apr 2017 10:55 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pelabuhan Tanjung Batu, Gerbang Menuju Derawan

Arya Martin
detikTravel Community
Foto 1 dari 3
Pelabuhan Tanjung Batu yang menjadi penghubung wisatawan ke Pulau Derawan
Pelabuhan Tanjung Batu yang menjadi penghubung wisatawan ke Pulau Derawan
detikTravel Community - Sebelum tiba di Derawan, Kaltim inilah Pelabuhan Tanjung Batu. Dari sana, naik boat untuk tiba di kepulauan eksotis tersebut. Intip pelabuhannya yuk!

Pelabuhan Tanjung Batu merupakan pelabuhan yang dibangun dan dijadikan pelabuhan umum atas dasar padatnya aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Redep yang berada di tepi sungai Segah di tengah kota Berau.

Derawan memang sudah menjadi destinasi impian para traveler. Namun jika kamu berangkat dari Jakarta, untuk tiba di sana memang harus melewati perjalanan yang cukup panjang. Salah satu opsinya adalah enggunakan pesawat komersial dari Jakarta ke Balikpapan kemudian melanjutkan lagi perjalanan via udara ke Kabupaten Berau sebelum menempuh jalur darat selama kurang lebih 2,5 jam menuju pelabuhan Tanjung Batu.

Perjalanan dari Bandara Kalimarau di Berau menuju pelabuhan Tanjung Batu terasa sangat seru, jalanan aspal yang naik turun dan berkelok-kelok seakan membelah sebagian hutan Kalimantan Timur. Mobil yang kami tumpangi juga terkadang harus menghindari lubang-lubang yang ada di sana-sini, kepiawaian pengemudi yang mengenal medan lokal sangat dibutuhkan. Belum lagi cuaca hujan yang membuat jalanan berlumpur dan licin, harus sangat extra hati-hati.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang ahirnya kami tiba di pelabuhan Tanjung Batu, di sinilah kami berkesmpatan untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan kembali dengan speedboat.

Pelabuhan Tanjung Batu merupakan pelabuhan yang dibangun dan dijadikan pelabuhan umum atas dasar padatnya aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Redep yang berada di tepi sungai Segah di tengah kota Berau. Dengan aktifnya pelabuhan Tanjung Batu maka lalulintas wisatawan yang akan menuju pulau Derawan akan menjadi lebih nyaman dan efisien. Fasilitas di sekitar pelabuhan ini juga bisa dikatakan cukup memadai seperti ruang tunggu, ATM, dan kios-kios penjual kebutuhan sudah tersedia.

Dari dermaga pelabuhan kami sudah bisa merasakan nuansa keindahan kepulauan Derawan yang membuat kami tidak sabar untuk segera menyebarang ke sana. Perjalanan normal menggunakan speedboat akan ditempuh selama 30 menit.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.