Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jul 2017 15:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Jalan Santai di Gwanghwamun Square, Korea Selatan

Muhammad Catur Nugraha
detikTravel Community
Foto 1 dari 4
Gwanghwamun Square dengan latar Istana Gyeongbokgung dan Patung Raja Sejong
Gwanghwamun Square dengan latar Istana Gyeongbokgung dan Patung Raja Sejong
detikTravel Community - Liburan ke Korea Selatan, tak lengkap tanpa mampir ke Seoul. Di sana ada Gwanghwamun Squre yang legendaris.

Perjalanan Korea Selatan beberapa waktu yang lalu masih menyimpan rasa takjub kepada Negeri Ginseng tersebut. Salah satu yang membuat saya merasa demikian adalah Gwanghwamun Square.

Rasa takjub akan Gwanghwamun Square bukanlah tanpa alasan. Gwanghwamun Square dibangun oleh Pemerintah Korea Selatan dengan mengurangi enam ruas jalan utama di tengah-tengah Sejong-ro.

Kini jalan yang dulunya ramai dengan lalu lalang kendaraan, bising dan berpolusi telah menjadi sebuah area terbuka dan justru menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi kala jalan-jalan di Korea.

Saya bersama pemenang d'Traveler of the year 2016 dan rekan-rekan dari detikTravel berkesempatan mengunjungi Gwanghwamun Square di hari ketiga perjalanan.

Saat itu kami masih memiliki cukup banyak waktu usai mengunjungi pusat perbelanjaan, kami pun tidak mau menyiakan kesempatan tersebut untuk jalaN-Jalan santai di Gwanghwamun Square. Dinginnya angin yang berhembus sore itu tidak menghilangkan semangat kami.

Gwanghwamun Square memiliki lebar 34 meter dan panjang 557 meter. Banyak sekali orang yang memanfaatkan ruang terbuka ini baik orang Korea itu sendiri maupun wisatawan asing.

Ketika kami mengunjungi Gwanghwamun Square, saat itu sedang ada aksi yang dilakukan sejumlah aktivis yang menuntut Pemerintah Korea melakukan pengangkatan bangkai KM Sewol yang tenggelam pada 16 April 2014.

Usai melewati posko aksi aktivis KM Sewol, kami terus berjalan ke arah Istana Gyeongbokgung, istana terbesar di Korea Selatan yang pada hari pertama telah kami kunjungi.

Karena keterbatasan waktu kami tidak sampai selesai menapaki Gwanghwamun ini, kami sekedar santai menikmati suasana di sekitar Patung Raja Sejong.

Kehadiran Gwanghwamun Square benar-benar dimanfaatkan sekali oleh warga Korea. Selain sebagai tempat untuk sekedar jalan-jalan santai, melakukan aksi atau menunjukkan hasil seni dan membagikannya.

Seperti yang kami lihat ketika itu, dimana ada beberapa seniman yang sedang melakukan kemahirannya menulis dalam aksara Korea, tulisan tersebut berupa kata-kata mutiara dalam bahasa Korea.

Sayang sekali waktu kami harus berakhir, padahal masih banyak yang bisa dilihat di sini seperti Sejong Exhibition Hall yang berada di bawah Patung Raja Sejong yang memuat semua informasi tentang Raja Sejong.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.