Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Jul 2017 15:58 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bercanda Bareng Ubur-ubur Tak Menyengat di Danau Kakaban

Brigida Emi Lilia
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Inilah dermaga Pulau Kakaban dan pintu gerbang masuk ke danau kakaban
Inilah dermaga Pulau Kakaban dan pintu gerbang masuk ke danau kakaban
detikTravel Community - Indonesia memiliki beberapa danau yang terkenal, Danau Kakaban salah satunya. Di sana juga dapat dijumpai ubur-ubur yang tidak menyengat.

Saat ke Derawan pun saya tidak ketinggalan untuk mengunjungi tempat ini. Penasaran juga sama ubur-ubur yang hanya terdapat di Togean, Misool dan kakaban. Danau kakaban sendiri mempunyai luas sekitar 5km2. Pulau ini termasuk wilayah kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Setelah terombang-ambing di speedboat (yang adalah jenis tranportasi utama di Pulau Derawan), kami bersandar di dermaga Pulau Kakaban yang cukup besar. Menyusuri dermaga dan sampai di pintu gerbang Pulau Kakaban.

Perjalanan ke Danau Kakaban dimulai dengan menaiki tangga kayu dan terus mengikuti jalan yang semuanya sudah dibuat dari kayu. Melintasi pepohonan yang lebat sehingga sepanjang perjalanan suasana teduh dan terlindung dari sinar matahari.

Di tengah-tengah perjalanan, ada papan petunjuk yang menceritakan tentang ubur-ubur tidak menyengat yang terdapat di Danau Kakaban dan jenis ubur-ubur yang ada di sini .

Jalan kayu itu berakhir persis di tepi Danau Kakaban. Dan tidak seperti yang saya bayangkan, Danau Kakaban ternyata cukup luas. Setelah memakai alat snorkling saya dan teman-teman pun turun ke danau, dan ubur-ubur yang terkenal itu langsung menyambut kami. Jumlahnya cukup banyak, makin ke tengah akan semakin banyak.

Setelah puas bermain dan tidak lupa berfoto bersama ubur-ubur, kami pun kembali ke boat. Saat menaiki tangga kayu dan menyusuri jalanannya harus lebih berhati-hati karena saat basah jalanan kayu itu menjadi licin. Oh ya, ada hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat di danau kakaban antara lain jangan memakai tabir surya dan jangan menggunakan kaki katak .

Di tempat ini juga sudah tersedia kamar ganti bagi para pengunjung yang terdapat dekat gerbang masuk dan di dekat Danau Kakaban, sehingga pengunjung tidak perlu repot jika harus berganti pakaian. Selamat berwisata.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED