Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Jul 2017 10:39 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Liburan Ikonik di Pulau Lengkuas: Mercusuar

Widi Arini
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pulau Lengkuas dari kejauhan, ditandai dengan mercusuar yang menjulang.
Pulau Lengkuas dari kejauhan, ditandai dengan mercusuar yang menjulang.
detikTravel Community - Pulau Lengkuas menjadi salah satu destinasi populer di Belitung timur. Terkenal dengan pantai cantik, pulau ini juga memilki mercusuar tua peninggalan Belanda.

Pulau Lengkuas merupakan sebuah pulau kecil disebelah timur Belitung yang dapat ditempuh kurang lebih 20 menit dari tanjung Kelayang menggunakan perahu. Pulau lengkuas ini memiliki daya tarik utama yang tak dimiliki oleh pulau lainnya yakni adanya sebuah mercusuar.

Mercusuar ini dibangun pada tahun 1882 oleh kolonial Belanda. Meski sudah berusia ratusan tahun, nyatanya mercusuar ini masih berfungsi dengan baik untuk mengatur lalu lintas kapal yang melintas di perairan Pulau Belitung.

Mercusuar ini memiliki 18 lantai sampai dipuncak dengan total anak tangga 313 buah yang harus dinaiki untuk mencapai ke atas. Dari atas sana kita bisa menikmati keindahan pulau lengkuas dan pulau sekitarnya.

Sayangnya tak semua bisa beruntung naik ke puncak mercusuar karena seringnya proses maintenance yang dilakukan. Seperti saya yang hanya gigit jari ketika berkunjung kesana namun ternyata tidak bisa ke puncak mercusuar.

Walaupun tidak bisa naik ke puncak mercusuar, pengunjung bisa tetap menikmati keindahan pantai di Pulau Lengkuas. Pantainya dihiasi oleh jejeran batu-batu granit besar yang tersusun rapi.

Meskipun tidak sebesar batu granit di Tanjung Tinggi, para pengunjung tetap antusias mengambil foto dengan latar belakang Mercusuar dan batu granit. Selain itu, pengunjung biasanya tidak akan melewatkan pemandangan bawah lautnya dengan cara diving atau snorkeling.

Pulau Lengkuas memiliki luas wilayah yang tak begitu besar, oleh karena itu sebagai pengunjung tetap harus menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hal itu supaya generasi berikutnya bisa menikmati ikon Belitung yang satu ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Shinkansen Made In China

Sabtu, 23 Sep 2017 23:15 WIB

China punya kereta 'Shinkansen' baru bernama Fuxing. Kereta cepat ini mampu melaju dengan kecepatan 400 Km/jam. Traveler mesti coba kalau liburan ke China.