Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jul 2017 14:59 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Perawan di Sumba: Air Terjun Lapopu

I Gede Leo Agustina
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Air terjun Lapopu, Sumba Barat
Air terjun Lapopu, Sumba Barat
detikTravel Community - Kamu yang liburan ke Sumba, nampaknya harus datang dan menjelajahi destinasi satu ini. Cantik dan bikin segar, ini dia Air Terjun Lapopu!

Perjuangan untuk menuju air terjun ini penuh liku dan sempat beberapa kali nyasar. Tapi semua terbayar sangat memuaskan begitu saya sampai.

Dengan mengendarai motor sendiri dari Waikabubak berbekal nekat saya menuju Lamboya. Hari itu cuaca mendung disertai hujan yg membuat saya basah kuyup.

Beberapa kali saya harus berhenti bertanya kepada penduduk sekitar yang saya jumpai di jalan arah menuju air terjun Lapopu. Beberapa kali saya salah arah dan terpaksa harus berbalik arah cukup jauh.

Akhirnya setelah beberapa jam, saya melihat palang berwarna hijau bertuliskan 2,5 Km menuju air terjun. Wah, saya merasa senang sekali, akhirnya ada petunjuk dan semakin dekat menuju air terjun.

Saya laju motor makin kencang, karena hari sudah semakin sore, ditambah mendung dan hujan gerimis yg belum juga reda. Beberapa kali saya melewati persimpangan yg membuat saya jadi bingung.

Terpaksa saya harus bertanya lagi pada penduduk yg saya temui di jalan. Informasi yg saya dapat, di depan ada simpang nanti ambil ke arah kiri lalu lurus saja. Di pinggir jalan saya juga menemukan petunjuk lagi berupa plang berwarna hijau bertuliskan 1 Km menuju air terjun.

laju motor pun saya percepat, sebentar lagi sampe pikirku. Tapi sudah cukup jauh saya melaju dg motor saya, tapi kenapa tidak sampai-sampai. karena takut nyasar atau terlewat sayapun balik arah. Untungnya saya bertemu dengan penduduk.

Saya berkenalan dan bertanya arah air terjun. Namanya Lukas, penduduk asli Sumba. Dia mengatakan air terjunnya masih jauh, dia pun menawarkan untuk mengantar ke sana. Sayapun langsung mengiya kan tawaran itu.

Tidak menunggu lama, kami langsung menuju air terjun. Dia sempat cerita kalau biasanya sering juga mengantar tamu yg ingin ke air terjun lapopu ini. Beberapa menit kemudian kami sampai di parkiran dan membayar biaya parkir dan tiket masuk.

Di sini terdapat bangunan yg lumayan besar dan ternyata ini adalah Pembangkit Listrik Mini Hidro (PLTMH) Lapopu yang mana sumber airnya berasal dari air terjun Lapopu. Melewati bangunan itu, kami berjalan menyisiri sungai, beberapa menit berjalan kita akan menemukan jembatan yg terbuat dari bambu, harus extra hati-hati melewati jembatan ini, apalagi tadi habis hujan dan sudah pasti licin.

Dari jembatan, saya sudah bisa melihat air terjun Lapopu di balik pepohonan, saya sudah tidak sabar ingin segera sampai air terjun. Setelah beberapa menit saya dan Lukas sampai di depan air terjun.

Cantik, cantik sekali air terjun ini. Dari atas air terjun ini seperti bertingkat-tingkat dan pada bagian paling bawah aliranya semakin besar dan lebar. Pokoknya indah banget. Saya sampai tidak bisa berkata-kata melukiskan kecantikannya. Sahabat traveler harus ke sini.

Aliran sungai di bawah air terjun ini warnanya sangat unik, hijau toska mungkin karena kandungan mineral atau batuan kapur sehingga warna airnya jadi seperti itu. Pengunjung juga diperbolehkan untuk mandi di sini, tapi dihimbau harus tetap hati-hati dan mengutamakan keselamatan.

Hari sudah sore, saya pun harus segera pulang. Jadi saya tidak sempat mandi di air terjun Lapopu ini. Setelah mengabadikan dalam bentuk foto dan video sayapun putuskan untuk pulang.

Sebagai tambahan, air terjun ini masih sangat terjaga keasrian dan kebersihannya. Jadi saya semakin cinta tempat ini. Jadi sebaiknya harus tetap seperti itu.

Sahabat traveler juga harus tetap menjaga keberihan dan kelestarian alam jangan membuang sampah sembarangan contohnya. Jadi jika sahabat traveler datang ke Sumba, jangan lewatkan destinasi cantik ini, Air Terjun Lapopu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Ini Bingkai Apa Gedung?

Selasa, 12 Des 2017 23:20 WIB

Dubai memang punya beragam arsitektur yang membuat semua orang berdecak kagum. Kali ini, ada bingkai raksasa di tengah kota, yang akan mengejutkan siapapun!