Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Agu 2017 09:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kapan Kamu ke Raja Ampat?

Feni Novida Saragih
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Cantiknya gugusan bukit karst di Pianemo
Cantiknya gugusan bukit karst di Pianemo
detikTravel Community - Bicara keindahan Raja Ampat memang tak ada habisnya. Paling tidak, sekali seumur hidup kamu harus ke sana buat menikmati pesonanya yang mendunia.

Bagi traveler yang suka explore ke berbagai tempat baik dalam maupun luar negeri, pasti ada beberapa tempat yang masuk daftar untuk wajib dikunjungi. Namun, jika traveler butuh rekomendasi tempat untuk dimasukkan ke list, si cantik Pianemo di Raja Ampat, Papua Barat jangan sampai terlewat.

Nama Pianemo kembali mencuat dan jadi incaran destinasi setelah beberapa foto Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang sedang menikmati keindahan alamnya pada Januari 2016 lalu menghiasi berbagai media. Pianemo, gugusan bukit-bukit karst yang mencuat dari permukaan laut yang biru kehijauan ini sangat mempesona.

Si Cantik Pianemo dapat diakses dari Waisai dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 3-4 jam menggunakan kapal, tergantung kondisi cuaca dan angin laut yang berhembus. Saat tiba di dermaga Pianemo, traveler akan melihat bahwa kawasan ini sudah lebih ramai jika dibandingkan dengan Wayag.

Sudah ada beberapa penduduk lokal membuka gerai yang berjajar menjual kelapa muda, makanan-makanan kecil, suvenir kerajinan, ikan-ikan asin, hingga minyak kelapa.

Jika di Wayag mengharuskan traveler mendaki bukit karst, di Pianemo ini para traveler sudah disambut tangga kayu dengan sekitar 300 anak tangga. Rimbunnya pepohonan tinggi cukup membuat teduh perjalanan menuju puncak pantau untuk menikmati pemandangan Pianemo.

Sesampainya di puncak pantau, rasakan hembusan angin segar sambil menikmati indahnya Pianemo dengan gugusan bukit-bukit di antara lautan luas yang membiru. Suasana perairan di sekitar gugusan bukit di Pianemo sudah lebih ramai karena kerap terlihat beberapa speedboat terlihat berlabuh di beberapa kaki bukit di gugusannya.

Menikmati Pianemo akan terasa lengkap jika traveler memiliki waktu lebih untuk sekadar berdiam diri menikmati seluruh penjuru mata angin Pianemo dan mengabadikannya baik dalam video maupun foto.

Jika traveler membawa minuman segar, akan nikmat juga jika diteguk perlahan sembari menikmati pemandangan Pianemo yang disebut-sebut sebagai Surga kecil di Papua Barat ini.

Setelah puas foto-foto dan menikmati panoramanya, siapkan kaki untuk menuruni tangga. Pastikan kaki traveler sudah cukup istirahat karena meskipun tangga, layaknya menuruni gunung atau bukit, traveler tetap harus berhati-hati.

Sesampainya di bawah, jangan tinggalkan Pianemo tanpa menikmati kelapa muda segar di tepi dermaga. Air kelapa yang segar dan daging kelapa muda yang lebut manis akan menyempurnakan petualangan di sana.

Jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan dan buanglah sampah pada tempatnya. Agar Si Cantik Pianemo tetap terjaga baik saat didatangi maupun ditinggalkan, untuk suatu saat bertemu kembali.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED