Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Agu 2017 15:14 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kapan Main ke Kawah Domas?

Neny Setiyowati
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Kawah Domas menawarkan spot yang sangat eksotis untuk foto-foto.
Kawah Domas menawarkan spot yang sangat eksotis untuk foto-foto.
detikTravel Community - Banyak yang sudah kenal dengan Gunung Tangkuban Perahu. Tapi kalau Kawah Domas? Kawah ini masih sati kawasan dengan Kawah Ratu. Tapi tak kalah cantik!

Kawah Domas berada di kawasan puncak Gunung Tangkuban Perahu sekitar 30 KM dari pusat kota Bandung ke arah utara,tepatnya di Desa Cikole daerah Lembang. Kawah yang masih aktif ini merupakan salah satu kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung yang berketinggian sekitar 2080 mdpl ini tercatat terakhir meletus pada tahun 1992 dengan letusan yang cukup besar, membuat gunung ini di tutup selama beberapa hari. Sampai saat ini Gunung Tangkuban Perahu statusnya masih aktif namun masih aman untuk dikunjungi.

Untuk menuju Kawah Domas terdapat 2 jalur pilihan bisa di tempuh dari area parkir Kawah Ratu atau area parkir Kawah Domas sendiri. Keduanya memerlukan trekking melewati hutan lindung yang lembab dengan sedikit angin.

Bila di tempuh dari Kawah Ratu membutuhkan waktu setidaknya 45 menit dengan jarak sekitar 1KM untuk mencapai Kawah Domas dengan menuruni ribuan anak tangga yang tidak terlalu curam. Bila dari area parkir Kawah Domas hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja untuk mencapai kawahnya.

Perjalanan menuju Kawah Domas tidak akan terasa lama dan membosankan. Sebaliknya terasa lebih seru dan penuh petualangan melalui jalan tanah kadang berbatu dan berlumut. Dengan suasana hutan lindung yang indah dan sejuk.

Sesampainya di Kawah Domas akan ditemukan banyak kubangan air panas. Sumber air panas tersebut berasal dari zat belerang yang melimpah di sekitar kawah. Terdapat 3 jacuzzi alami dengan suhu yang berbeda-beda.

Mulai dari 25 derajat sampai 98 derajat yang bisa digunakan untuk merebus telur. Tersedia pedagang telur di lokasi.

Selain merasakan telur Kawah Domas disini juga bisa menikmati lumpur belerang. Yang bisa di pakai untuk masker atau lulur karena kandungan belerangnya dipercaya untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Kawah Domas juga menawarkan berbagai spot yang sangat menarik untuk foto-foto. Dengan diselimuti asap-asap membuat nuansa menjadi abu-abu. Memberikan efek yang sangat dramatis nan eksotis.

Untuk memasuki kawasan Gunung Tangkuban Perahu harga tiket masuknya Rp. 20 ribu per orang di hari biasa. Sedangkan di hari libur Rp. 30 ribu. Harga yang sebanding dengan keindahan alamnya.

Akses kesini sangat mudah sekali bisa di tempuh dengan angkutan umum. Bila datang dari Terminal Leuwi Panjang, naik saja bus jurusan Bandung-Indramayu lalu turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu.

Sedangkan dari Stasiun Hall, naiklah angkot jurusan Lembang lalu turun di perempatan Lembang-Maribaya-Tangkuban Perahu, lalu naik lagi angkot jurusan Cikole dan bisa langsung turun di area parkir Kawah Ratu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Inggris

Foto: Museum Paling Keren di London

Selasa, 21 Nov 2017 08:20 WIB

Museum Natural History menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di London, Inggris. Museum itu juga menyimpan sekitar 80 juta spesimen hewan sampai tumbuhan.