Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Sep 2017 09:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

'Mangkuk Raksasa'di Jawa Barat

Neny Setiyowati
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Keindahan Kawah Ratu bisa langsung dinikmati dari bibir kawah
Keindahan Kawah Ratu bisa langsung dinikmati dari bibir kawah
detikTravel Community - Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat bagai mangkuk raksasa. Keindahannya bikin traveler terpesona.

Tidak hanya fashion yang menjadi daya tarik sekitaran Bandung. Pesona alamnya pun tak kalah memikat pengunjungnya. Lihat saja Kawah Ratu yang tampil bak mangkuk raksasa.

Kawah Ratu merupakan kawah yang masih aktif yang berada di puncak Gunung Tangkuban Perahu pada ketinggian sekitar 2.080 mdpl. Gunung berapi aktif ini telah meletus beberapa kali dan menghasilkan 9 kawah.

Yang terbesar dan terluas di antaranya adalah Kawah Ratu. Kawah ini juga dinilai yang paling mempesona karena penampakannya yang unik seperti mangkuk raksasa dengan ukuran yang besar dan dalam.

Untuk mencapai bawah kawah sepertinya mudah untuk dilakukan tapi karena gas beracun di kawah yang sangat berbahaya maka pengunjung dilarang turun ke kawah. Bila cuaca sangat cerah akan terlihat lekukan kawah yang sangat cantik. Di sini juga tersedia sewa kuda. Jadi bisa berkeliling dengan kuda sambil menikmati keindahan kawah yang mengagumkan. Membuat suasana jadi terasa seperti di masa kerajaan dulu.

Sedikit cerita tentang Gunung Tangkuban Perahu. Menurut legenda Jawa Barat gunung ini terbentuk akibat seorang anak (Sangkuriang) yang jatuh cinta terhadap ibu kandungnya sendiri (Dayang Sumbi). Sangkuriang berniat untuk menikahi Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niatnya Dayang Sumbi mengajukan syarat untuk dibuatkan telaga dan perahu dalam satu malam.

Karena gagal Sangkuriang marah dan melampiaskannya dengan menendang perahu yang setengah jadi tersebut. Perahu tersebut terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu. Bentuk perahu terbalik ini akan sangat jelas bila dilihat dari daerah Cibodas, Lembang.

Untuk memasuki kawasan Gunung Tangkuban Perahu harga tiket masuknya Rp 20 ribu per orang di hari biasa. Sedangkan di hari libur Rp 30 ribu. Harga yang sebanding dengan keindahan alamnya.

Akses ke sini sangat mudah sekali bisa di tempuh dengan angkutan umum. Bila datang dari Terminal Leuwi Panjang, naik saja bus jurusan Bandung-Indramayu lalu turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu.

Sedangkan dari Stasiun Hall, naiklah angkot jurusan Lembang lalu turun di perempatan Lembang-Maribaya-Tangkuban Perahu, lalu naik lagi angkot jurusan Cikole dan bisa langsung turun di area parkir Kawah Ratu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED