Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 05 Sep 2017 11:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenal Ibu dari Seribu Pura di Bali

Neny Setiyowati
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Pura Besakih sebagai Ibu dari ribuan Pura di Bali
Pura Besakih sebagai Ibu dari ribuan Pura di Bali
detikTravel Community - Bali dikenal sebagai Pulau Seribu Pura karena memiliki ribuan Pura yang tersebar di seluruh pulau. Pura Besakih sendiri jadi ibu dari ribuan pura di Bali.

Pura Besakih terletak di lereng barat daya Gunung Agung berada di Desa Besakih,Kecamatan Rendang,Kabupaten Karangasem. Merupakan Pura terbesar di Indonesia karena terdapat begitu banyaknya Pura dalam satu wilayah.

Terdiri dari 1 pusat Pura utama yakni Pura Penataran Agung Besakih, 18 Pura pendamping yang mengelilinginya,1 buah Pura Basukian dan 17 Pura lainnya.

Disebut sebagai Ibu Pura karena sebagai tempat pusat kegiatan keagamaan umat Hindu dari seluruh Pura yang ada di Bali. Dengan memakai lokasi utama di Pura Penataran Agung Besakih. Sebagai Pura utama tentunya Pura ini memiliki paling banyak tempat dan bangunan untuk persembahyangan.

Keberadaan Pura Besakih tidak hanya sebagai tempat pemujaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Tapi memiliki keterkaitan dengan Gunung Agung. Yang merupakan gunung tertinggi di Bali yang dipercaya sebagai pusat Pemerintahan Alam Arwah, Alam Para Dewata yang menjadi utusan Tuhan untuk pulau Bali.

Pura Besakih juga mengandung makna filosofis tentang unsur-unsur kebudayaan seperti sistem pengetahuan,peralatan hidup dan teknologi,organisasi social kemasyarakatan,mata pencaharian hidup,sistem bahasa,religi dan upacara serta kesenian.

Asal usul Pura Besakih masih belum jelas tapi hampir bisa dipastikan berasal dari jaman prasejarah. Diperkirakan dasar batu Pura Penataran Agung Besakih dan beberapa Pura lainnya yang mirip megalitik ke piramida,setidaknya sudah berumur sekitar 2000 tahun.

Pura Besakih juga sudah masuk dalam daftar pengusulan situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1995 tapi hingga kini masih belum disetujui.

Untuk mengunjungi Pura Besakih di haruskan memakai pakaian yang sopan dengan bawahan kain seperti sarung sebagai penutup kaki. Dengan tiket masuk seharga Rp. 15 ribu per orang. Bila datang di kurun waktu 11 April-3 Mei, pengunjung akan melihat langsung sebuah upacara keagamaan sebesar di Bali yang diselenggarakan setahun sekali bernama Upacara Batara Turun Kabeh.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Saat White House Direnovasi

Selasa, 26 Sep 2017 23:15 WIB

White House adalah Istana Kepresidenan AS yang selalu bikin penasaran traveler. Rupanya, Gedung Putih sudah direnovasi pada awal Agustus lalu. Ini fotonya: