Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Des 2017 18:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

'Pintu Surga' di Pura Tertua Bali

Neny Setiyowati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pura Lempuyang merupakan Pura tertua di Bali.
Pura Lempuyang merupakan Pura tertua di Bali.
detikTravel Community - Mungkin tidak banyak yang tahu, kalau Pura Lempuyang di Karangasem merupakan pura yang tertua di Bali. Di sana juga dapat dijumpai 'pintu surga'.

Saking banyaknya pura yang tersebar di pulaunya tak heran jika Bali disebut sebagai Pulau Dewata. Tapi tahukah kamu Pura tertua di Bali?

Wisatawan asing menjuluki Pura ini sebagai The Gateway to Heaven. Adalah Pura Lempuyang yang diduga termasuk Pura yang paling tua keberadaannya di Bali. Bahkan ada yang memperkirakan Pura ini sudah ada sejak jaman pra Hindu-Buddha.

Pura Lempuyang terletak di lereng sampai puncak Bukit Bisbis atau Gunung Lempuyang, Kabupaten Karangasem. Berada di puncak gunung pastinya memiliki pemandangan yang menakjubkan. Kami yang tinggal di Bali juga belum pernah ke sana. Kami penasaran kenapa mereka menjulukinya sebagai The Gateway to Heaven.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, kami pun bergerak menuju lokasi di weekend kemarin. Kami berangkat dari Denpasar dengan berkendara mobil mengikuti petunjuk arah dari Google Map.

Setelah hampir mendekati lokasi, kami dihadapkan pada hamparan sawah terasering nan hijau di samping kanan kiri. Sungguh cantik sekali. Jalanannya berkelok-kelok semakin naik dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan.

Setelah hampir 3 jam, kami pun sudah berada di area parkir Pura Lempuyang. Untuk memasuki kawasan Pura Lempuyang di wajibkan memakai bawahan kain seperti sarung sebagai penutup kaki.

Untuk kenyamanan bergerak sebaiknya tidak memakai high heels, karena harus melakukan pendakian untuk mencapai Puranya. Total ada 7 Pura utama di kompleks Pura Lempuyang.

Pura terdekat dengan area parkir adalah Pura Penataran Agung Lempuyang. Dan memang benar setelah mencapai gapuranya, kami merasakan sensasi seperti bisa menjangkau dan menyentuh awan putih yang lembut. Sungguh menakjubkan seperti gambaran surga. Tak salah lagi kalau dinamakan The Gateway to Heaven.

Apabila cuaca bagus dan cerah Gunung Agung bisa terlihat jelas melatarbelakangi gapura. Sedangkan Pura yang terletak di puncak Gunung Lempuyang adalah Pura Luhur Lempuyang.

Untuk bisa mencapainya harus melewati 1.700 anak tangga. Terdengar luar biasa memang, tapi pemandangan yang didapatkan akan jauh lebih menakjubkan.

Untuk memasuki komplek Pura Lempuyang tidak diberlakukan tiket masuk. Tapi kita bisa memberi donasi seikhlasnya.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED