Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 16 Sep 2017 18:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menikmati Pantai di Danau Toba

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Danau Toba
Danau Toba
detikTravel Community - Berbagai sisi Danau Toba di Sumut menarik dijelajahi. Termasuk pantai berpasir putih di pinggir danau yang unik dan memanjakan mata.

Siapa sih yang tidak mengenal Danau Toba? Saya rasa hampir semua traveler tentu mengenal danau ini, minimal pernah mendengar namanya. Karena Danau Toba sangat terkenal sebagai danau yang memiliki panorama indah.

Danau tekto-vulkanik yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba jutaan tahun lalu ini juga berukuran sangat besar, terbesar se-Indonesia bahkan se-Asia Tenggara. Danau ini memiliki panjang mencapai 100 kilometer dengan lebar hingga 30 kilometer. Sungguh luas sekali, hingga banyak traveler yang mengatakan danau ini seperti lautan kecil saja saking luasnya.

Karena luasnya itu pulalah sehingga ada banyak tempat yang bisa dikunjungi wisatawan untuk melihat langsung keindahan alam Danau Toba tersebut. Yang terkenal tentu saja dari Parapat dan Pulau Samosir.

Namun selain itu masih ada banyak tempat lain yang bisa dikunjungi dan setiap tempat tersebut memiliki pemandangan dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah dari Pantai Pasifik Porsea.

Pantai Pasifik Porsea sendiri adalah sebuah dataran berpasir putih yang menghadap langsung ke Danau Toba. Dari tempat ini bisa terlihat hamparan luas perairan Danau Toba yang berwarna kebiruan.

Permukaan airnya yang berombak akibat tiupan angin menghadirkan suasana seperti di pinggir laut, padahal berada di tepi danau. Pemandangan Danau Toba dari pantai ini semakin indah dengan adanya gugusan Pegunungan Bukit Barisan yang berdiri kokoh seolah memagari Danau Toba. Bentuk gugusannya yang melingkari Danau Toba seperti kawah seolah mengokohkan hasil letusan Gunung Toba dahulu kala.

Pasir di pantai ini juga berwarna putih cantik dengan tekstur yang agak kasar. Kemungkinannya pasir ini merupakan hasil letusan Gunung Toba jutaan tahun yang lalu, bukan pasir yang diangkut dari tempat lain. Konon menurut penduduk setempat, pasir ini memang telah ada sejak dahulu kala.

Pantai Pasifik Porsea berada di Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir. Kota kecil ini menjadi penghubung antara Parapat, Balige dan Asahan. Tempat ini bisa dicapai dalam waktu kurang satu jam dari Parapat dan hanya 1 jam lebih dari Bandara Silangit.

Tiket masuk ke Pantai Pasifik Porsea pun terjangkau, hanya Rp 2.000 saja untuk satu sepeda motor dan sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di dalam. Fasiltasnya pun cukup lengkap seperti lapangan parkir, toilet, tempat duduk santai berbentuk bangku beton berpayung dan rumah adat, serta sebuah rumah makan.

Jadi, jika ingin melihat pemandangan alam Danau Toba dari sudut yang berbeda, cobalah dari tempat ini karena dijamin asyik dan tidak akan menyesal.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: 5 Negara Penuh Petualangan

Jumat, 20 Okt 2017 09:25 WIB

Menurut BBC, 5 negara ini jadi tempat yang tepat bagi petualang. Makanan yang unik, destinasi cantik dan pesta semalam suntuk bisa kamu temukan!