Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Jan 2018 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Cara Menikmati Kota Terbesar Kedua Taiwan: Naik Sepeda

Rudi Chandra
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Penyewaan sepeda di Kaohsiung
Penyewaan sepeda di Kaohsiung
detikTravel Community - Kota Kaohsiung adalah kota terbesar kedua di Taiwan. Kamu yang mau keliling kota ini, bisa coba cara satu ini: naik sepeda sewaan.

Kota Kaohsiung adalah kota terbesar kedua di Taiwan setelah Kota Taipei dan merupakan kota pelabuhan terbesar di negara ini. Ada banyak hal menarik yang bisa ditemui di kota ini, salah satunya adalah penyewaan sepeda.

Penggunaan sepeda sebagai alat transportasi memang telah digalakkan kembali di berbagai negara sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan, hemat dan sehat. Begitu pula di Kota Kaohsiung ini, di sini Pemerintahnya pun telah menggalakkan program bersepeda sebagai transportasi utama jarak pendek bagi penduduknya.

Untuk mendukung program tersebut, maka disediakan banyak tempat penyewaan sepeda di kota ini dengan biaya sewa yang cukup terjangkau di kantong. Uniknya, selain bisa menyewa sepeda secara konvensioal di konter-konter penyewaan sepeda, di sini juga ada mesin penyewaan sepeda yang bentuknya seperti mesin atm.

Mesin penyewaan sepeda ini bisa memudahkan penduduk untuk menyewa sepedanya. Menurut penduduk sekitar yang saya tanya, untuk menyewa sepeda dari mesin ini dibutuhkan kartu khusus yang harus didaftarkan dahulu baru bisa digunakan.

Setelah itu, kartu tersebut cukup ditapkan saja pada mesin tersebut dan sepeda secara otomatis akan terbuka dari kuncinya dan siap untuk dipakai.

Jika telah selesai dan ingin mengembalikan sepeda, cukup cari lokasi penyewaan sepeda dengan mesin seperti tadi, kemudian parkirkan sepedanya di tempat parkirnya dan tapkan kembali kartunya. Maka sepeda tersebut akan terkunci secara otomatis karena sepedanya memang dilengkapi sensor elektronik.

Tempat-tempat penyewaan sepeda ini juga berada di sekitar objek-objek wisata utama dan juga berada di dekat stasiun-stasiun, jadi sangat mudah untuk menemukan dan meyewa sepeda di kota ini dan dengan bersepeda penduduknya pastinya sehat, hemat dan ramah lingkungan. Ah, andai saja di kota saya bisa seperti itu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED