Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jan 2018 12:02 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Masjid Megah Kebanggaan Indonesia

Rudi Chandra
d'travelers
Foto 1 dari 5
Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal
detikTravel Community - Masjid Istiqlal jadi masjid paling megah dan kebanggaan Indonesia. Kunjungilah masjid ini dan rasakan kedamaian di dalamnya.

Masjid Istiqlal adalah masjid kebanggaan masyarakat Jakarta dan Indonesia. Masjid yang memiliki status sebagai masjid negara Republik Indonesia ini juga merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Luas bangunannya sendiri adalah 2,5 hektar dengan luas lahannya mencapai 9,9 hektar. Oleh karena itu, masjid ini bisa menampung jemaah hingga 200.000 orang.

Masjid Istiqlal mulai dibangun pada 24 Agustus 1951. Pembangunannya digagas oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno dan diarsiteki oleh Frederich Silaban. Arsitektur bangunannya sendiri bergaya modern dengan bangunan berdenah segi empat bertingkat lima dan satu lantai dasar. Bangunan utamanya memiliki satu kubah besar yang ditopang 12 tiang besar.

Di sisi sebelah utara terdapat pula ruang terbuka dan terdapat juga satu menara tunggal setinggi 96,66 meter yang menjulang di sudut selatan selasar masjid sehingga masjid itu terlihat begitu megah. Apalagi dinding dan lantainya pun berlapiskan marmer dan dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat sehingga terlihat semakin megah dan indah.

Sehari-harinya masjid ini digunakan sebagai tempat ibadah masyarakat muslim. Selain itu masjid ini juga menjadi pusat keagamaan dan kegiatan peringatan hari-hari besar Islam di Jakarta seperti Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi Muhammad dan Isra dan Miraj.

Lebih dari itu, masjid ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berwisata di Kota Jakarta karena kemegahan dan keindahan arsitekturnya. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara beragama Islam yang berwisata sambil beribadah di masjid ini. Bahkan wisatawan non-muslim pun banyak yang sekedar berwisata di sini.

Untuk mengunjungi masjid yang beralamat di Jalan Taman Wijayakusuma, Gambir, Jakarta Pusat ini pun sangat mudah karena masjid yang berada tidak jauh dari Monas dan berada tepat bersebelahan dengan Gereja Katedral Jakarta ini berada dekat dengan halte transjakarta dan Stasiun Juanda. Sehingga jika ingin beribadah disini bisa naik transportasi umum yang tersedia.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED