Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Jun 2018 10:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mudik ke Brebes, Nikmati Kesejukan Kebun Teh Kaligua

Nopi_kikie
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
salah satu produksi Kaligua yang berbentuk Kotak Kemasan Teh yang menjadi Icon wisata Kaligua
salah satu produksi Kaligua yang berbentuk Kotak Kemasan Teh yang menjadi Icon wisata Kaligua
detikTravel Community - Ingin menikmati suasana sejuk perkebunan teh saat mudik ke kampung halaman di Brebes? Silahkan saja datang ke Kaligua. Adem dan hijau di sepanjang jalan!

Mungkin belum banyak traveler yang tahu mengenai Kaligua. Kaligua adalah salah satu nama agrowisata yang ada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan yang ada di Kabupaten Brebes.

Agrowisata ini merupakan salah satu tempat Favorit untuk warga di sekitar Kota Bumiayu dan selalu ramai di kunjungi setiap weekend atau libur nasional terutama liburan lebaran.

Argowisata Kaligua ini dahulunya adalah Perkebunan Teh Peninggalan Belanda yang memproduksi Black tea berbentuk Teh Celup dan Teh Serbuk yang saat ini dikelola oleh Perkebunan Teh Negara atau PTPN IX.

Dengan membayar tiket masuk seharga Rp 15.000, kita akan menikmati hamparan kebun teh yang sangat luas ditambah dengan cuacanya sangat sejuk yang akan membuat kita betah menghabiskan waktu berlama-lama di tempat ini.

Di lokasi agrowisata ini juga terdapat wisata untuk anak-anak, salah satunya adalah outbond sangat cocok untuk wisata keluarga. Oh iya, selain perkebunan teh dan tempat mainan untuk anak-anak, di sini juga terdapat Goa Jepang dan juga mata air yang airnya sangat jernih, mata airnya bernama Tuk Bening. Menurut masyarakat sekitar, mata air ini bisa bikin awet muda.

Perjalanan menuju ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 2 Jam dari pusat Kota Brebes atau sekitar 1 Jam dari Desa Paguyangan. Cukup lama memang perjalanannya, tetapi dalam perjalanan menuju lokasi wisata yang berliku-liku dan kondisi jalan yang tidak mulus, kita akan di suguhkan pemandangan yang cukup indah.

Hamparan sawah, kebun sayur mayur, juga air yang mengalir di sisi kanan kiri jalan membuat perjalanan kita tidak terasa lama.

Apabila traveler ingin mengunjungi lokasi ini di waktu musim hujan harap berhati-hati ya karena tempat ini rawan longsor dan juga sering tertutup kabut apabila cuaca sedang tidak bersahabat.

Tunggu apalagi? manfaatkan waktu libur lebaran untuk mengunjungi tempat menyenangkan ini.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Amazon Mini dari Pacitan

Rabu, 15 Agu 2018 10:30 WIB

Di Pacitan terdapat sungai yang mirip dengan Sungai Amazon namun berukuran mini. Dari sini kamu bisa mengikuti arus menuju pantai nan cantik lho.