Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 11 Feb 2018 10:07 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Patung-patung Hindu & Buddha Berdiri Berdampingan di Taman Ini

titry frilyani
d'travelers
Foto 5 dari 5
Meskipun  bernama Budha Park, patung-patung di sini terdiri dari patung Budha dan Hindu
Meskipun bernama Budha Park, patung-patung di sini terdiri dari patung Budha dan Hindu
detikTravel Community -

Taman cantik di ibu kota Laos ini menyimpan potret keharmonisan antara umat Hindu dan Buddha. Patung-patung Hindu-Buddha berdiri berdampingan tanpa bermusuhan.

Buddha Park yang dikenal juga dengan nama Wat Xieng Khuan ini merupakan taman berisikan pahatan-pahatan indah bertema religi, termasuk di antaranya patung-patung Buddha dan Hindu.

Untuk menuju Buddha Park, kita harus naik bis dari stasiun bis di Vientiane. Jaraknya cukup jauh dari kota, sekitar 25 km.

Yang saya kagumi dari bis di Vientiane adalah, meskipun tidak sebagus di negara seperti Singapura, tapi tipenya mirip dan masih terawat dengan baik. Tombol untuk penumpang memberhentikan bis pun masih berfungsi dan digunakan dengan baik.

Harga tiketnya 12,000 kip atau sekitar 20 ribu rupiah. Cukup lama perjalanan menuju Buddha Park, yaitu sekitar 1 jam, dengan melewati Friendship Bridge. Bis berhenti tepat di depan Buddha Park. Tiket masuknya adalah 5000 kip (sekitar 8000 rupiah).

Buddha Park ini tidak terlalu luas, namun patung-patung yang ada di tempat ini sangat menarik. Di sini kita juga bisa menemukan reclining buddha yang memiliki panjang 40 meter. Cukup besar ya.

Saat memasuki tempat ini, mata kita akan tertuju pada sebuah bangunan berbentuk buah labu, dimana kita bisa naik ke atasnya. Jalan masuknya cukup kecil sehingga kita harus menunduk. Tangga untuk menuju ke atas pun cukup tinggi dan sempit sehingga perlu berhati-hati.

Di bagian tengah bangunan di tiap lantainya terdapat patung-patung yang sayangnya agak kurang terawat. Yang paling menarik, dari bagian paling atas bangunan ini, kita bisa memandang Buddha Park dengan lebih jelas.

Hanya butuh sekitar 1 jam untuk mengelilingi Buddha Park karena memang tidak terlalu besar. Setelah dirasa cukup, kami berjalan ke seberang Buddha Park untuk menunggu bis kembali ke kota. Menurut info, bis datang 15 menit sekali.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, bisnya datang. Uniknya, baik pergi dan pulang, keneknya sama-sama perempuan lho. Dari taman ini, kita bisa melihat bahwa perpaduan itu bisa menghasilkan seni yang indah.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA