Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Mar 2018 09:43 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Bandung Rasa Belanda di Jalan Asia Afrika

titry frilyani
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Salah satu gedung peninggalan Belanda di jalan Asia Afrika
Salah satu gedung peninggalan Belanda di jalan Asia Afrika
detikTravel Community - Melancong ke Bandung di akhir pekan, nikmati nuansa Belanda di Jalan Asia Afrika. Di sini banyak gedung-gedung antik berdiri, asyik juga buat foto-foto.

Jalan Asia Afrika memang jadi magnet Kota Bandung saat ini. Dengan bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda yang masih terjaga termasuk Gedung Merdeka yang tersohor menjadikan jalan ini wajib untuk dikunjungi.

Di Jalan Asia Afrika ini terdapat hotel yang bersejarah seperti Hotel Savoy Homann. Tidak hanya itu, sepanjang jalan Asia Afrika bangunannya masih berarsitektur gaya Belanda.

Di ujung jalan dekat alun-alun Bandung, bisa kita temukan tugu Asia Afrika dimana terdapat bola dunia besar lengkap dengan tulisan negara-negara yang tergabung dalam Konferensi Asia Afrika.

Tugu ini sendiri baru dibangun pada tahun 2015 untuk memperingati ulang tahun ke-60 Konferensi Asia Afrika. Tugu ini menjadi salah satu spot swafoto favorit bagi wisatawan.

Berjalan sedikit dari tugu ini, kita akan sampai di Kantor Pos besar Bandung yang sejak jaman Belanda sudah berfungsi sebagai Kantor Pos dan Telegraf. Kantor pos ini dibangun pada tahun 1863, yang kemudian mengalami perombakan di tahun 1928-1931.

Sementara di seberang kantor pos, terdapat Gedung Swarna yang dulunya dijadikan hotel tempat para jurnalis Konferensi Asia Afrika tahun 1955 menginap. Gedung ini memiliki arsitektur bergaya klasik.

Alun-alun Bandung juga merupakan spot yang tidak bisa dilewatkan. Saat ini alun-alun ini menjadi favorit warga Bandung karena terdapat mainan untuk anak-anak seperti ayunan. Kitajuga  bisa nyaman bersantai karena rumputnya yang sintetis.

Selain itu, di jalan Asia Afrika kita juga bisa menemukan kilometer 0-nya Bandung. Untuk memanjakan wisatawan dan juga warga Bandung, beberapa kali diadakan car free night di jalan ini.

Pokoknya seru banget deh jalan di Asia Afrika. Sambil berwisata, kita juga bisa melihat peninggalan jaman Belanda di kota kembang.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED