Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Feb 2018 11:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yang Belum Kamu Tahu di Yogyakarta, Pulo Kenanga

Widi Arini
detikTravel Community
Foto 1 dari 5
Situs Pulo Kenanga, sisa kejayaan masa lampau
Situs Pulo Kenanga, sisa kejayaan masa lampau
detikTravel Community - Nama Taman Sari begitu identik dengan komplek pemandian sultan. Selain pemandian ternyata ada situs lain yang tak kalah penting bagi Yogyakarta, Pulo Kenanga.

Situs pulo kenanga yang berada di dalam area komplek Taman sari, letaknya tak jauh dari pasar ngasem. Di beri nama Pulo karena pada zaman dahulu bangunan ini dikelilingi oleh danau buatan yang luas.

Bahkan saking luasnya terlihat bangunan ini seperti terapung di tengah danau. Sedangkan Kenanga berasal dari tanaman bunga kenanga yang pada zaman dahulu banyak ditanam berderet di sekitaran bangunan.

Situs Pulo Kenanga sendiri merupakan bangunan tertinggi di banding bangunan lain di sekitarnya. Meski sekarang hanya berupa reruntuhannya saja dan terlihat kurang terawat tetapi ke kokohan dari bangunan di masa lampau ini masih jelas terlihat.

Pengunjung bisa melihat dan menikmati puing reruntuhan di situs pulo kenanga yang menyimpan banyak sejarah tentang kejayaan keraton ngayogyakarta hadiningrat tempo dulu.

Bagian atas dari bangunan ini bisa digunakan pengunjung untuk melihat panorama sekitar komplek Taman sari. Pengunjung akan disuguhi pemandangan yang benar-benar menakjubkan.

Terlihat sekali perbedaan antara arsitektur bangunan ini dengan perumahan warga sekitar. Pengunjung banyak yang menjadikan situs pulo kenangan ini sebagai tempat untuk berselfie karena banyak spot instagramable disini.

Untuk masuk ke Situs Pulo Kenanga ini pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Buat pengunjung yang tertarik untuk mengetahui sejarah lebih dalam dari situs ini bisa menyewa jasa tour guide warga lokal yang biasanya menawarkan jasanya langsung kepada anda.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED